Formasi CPNS Banda Aceh 2019, Juga Tetapkan IPK Lebih Tinggi Bagi Peserta Luar Daerah

Dari 195 formasi yang dibuka bagi para pelamar CPNS di lingkungan Pemko Banda Aceh tersebut, sebanyak 192 diperuntukkan bagi formasi umum.

Ini Formasi CPNS Banda Aceh 2019, Juga Tetapkan IPK Lebih Tinggi Bagi Peserta Luar Daerah
Wakil Ketua DPRA, Dalimi SE Ak bersama Kepala Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Aceh, Makmur Ibrahim SH MHum saat memantau pelaksanaan ujian CAT CPNS di gedung ITLC, Banda Aceh, Rabu (7/11/2018).  Dari 195 formasi yang dibuka bagi para pelamar CPNS di lingkungan Pemko Banda Aceh tersebut, sebanyak 192 diperuntukkan bagi formasi umum.

Ini Formasi CPNS Banda Aceh 2019, Juga Tetapkan IPK Lebih Tinggi Bagi Peserta Luar Daerah 
Laporan Misran Asri | Banda Aceh

Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh, membuka 195 formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Pendaftarannya resmi dibuka Senin (11/11/2019) melalui link sscn.bkn.go.id.
Dari 195 formasi yang dibuka bagi para pelamar CPNS di lingkungan Pemko Banda Aceh tersebut, sebanyak 192 diperuntukkan bagi formasi umum.
Kemudian  formasi lainnya merupakan formasi khusus bagi penyandang disabilitas.
Demikian diungkapkan Kabag Humas Setdakota Banda Aceh, Taufiq Alamsyah,, Senin (11/11/2019).
Menurutnya, bagi para pelamar yang ingin berkarier sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemko Banda Aceh sudah bisa mempersiapkan diri.
Formasi terbanyak yang diterima, menurut Taufiq, adalah tenaga kependidikan, yakni 112 formasi.
Disusul tenaga kesehatan 60 formasi dan tenaga teknis 23 formasi.
Hal ini tertuang dalam pengumuman Wali Kota Nomor 1 tahun 2019, tentang pengadaan CPNS di lingkungan Pemko Banda Aceh yang ditandatangani Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman tanggal 9 November 2019.
“Penerimaan CPNS di lingkungan Pemko Banda Aceh terbuka untuk seluruh penduduk Indonesia. Tapi, bagi calon yang ber-KTP Banda Aceh IPK nya minimal 2,70.
Sedangkan untuk warga yang ber-KTP di luar Banda Aceh harus memiliki IPK minimal 3,00,” sebut Kabag Humas Setdakota Banda Aceh.
Seperti diketahui, aturan seperti ini juga dibuat di Abdya.

Untuk mekanisme tes dan lainnya, lanjut Taufiq masih sama dengan pendaftaran CPNS tahun lalu, yakni ujian juga dilakukan dengan sistem CAT.
“Dengan pengumuman yang telah dikeluarkan ini, bagi mereka yang ingin mengikuti seleksi sudah bisa mempersiapkan diri dari sekarang,” sebutnya.
Bagi pelamar yang ingin mendaftar, persyaratan lengkap dapat dilihat di portal berita resmi Pemko Banda Aceh, di www.bandaaacehkota.go.id yang telah menayangkan dokumen persyaratan lengkap.
Dari jadwal resmi yang telah dikeluarkan BKN, tahapan penerimaan CPNS 2019 akan berlangsung hingga April 2020.
Pada CPNS 2019 ini, pemerintah pusat mengalokasi 197.111 formasi yang terbagi pada instansi pusat dan daerah.
Setelah pembukaan registrasi secara daring (online) pada November 2019, lalu Desember 2019, dijadwalkan pengumuman hasil seleksi administrasi.
Proses rekrutmen CPNS 2019 akan berjalan lintas tahun atau sampai tahun depan.
Pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan pada Januari 2020. Lalu pelaksanaan SKD dijadwalkan berlangsung Februari 2020.
“Hasil SKD rencananya akan diumumkan Maret 2020 diikuti pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Integrasi kedua hasil seleksi dijadwalkan akan berlangsung April 2020,” demikian Taufiq Alamsyah.