Pemkab Aceh Timur Harus Utamakan Putra Daerah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur diminta untuk mengutamakan putra daerah pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 ini
Pemkab Harus Utamakan Putra Daerah RASIDAN


Tiga ratusan lebih CPNS formasi 2018 di Galus bersama CPNS dari 4 kabupaten/kota di Aceh mengikuti Diklat Latsar (prajabatan) di balai Latihan Keterampilan Lempuh Blangkejeren, Galus, Kamis (31/10/2019) 
>Seleksi CPNS Tahun 2019 di Aceh Timur
IDI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur diminta untuk mengutamakan putra daerah pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 ini. Pasalnya, dari ribuan pelamar yang mendaftar, hanya 89 orang yang bakal diterima sebagai CPNS di wilayah tersebut.
Permintaan itu disampaikan Ketua Lembaga Kajian Strategis dan Kebijakan Publik (Lemkaspa) Cabang Aceh Timur, Sanusi Madli kepada Serambi, Minggu (10/11). "Menyahuti aspirasi masyarakat ini, kami meminta Pemkab Aceh Timur agar memprioritaskan putra-putri daerah dalam penerimaan CPNS kali ini," ujarnya.
Sanusi Madli mengatakan, pihaknya menerima banyak masukan dan harapan dari masyarakat Aceh Timur agar penerimaan CPNS 2019 dapat mengutamakan putra-putri daerah, sebagaimana daerah lainnya di Aceh. Menurut dia, harapan itu sangat wajar sebab selain banyaknya pengangguran di daerah itu, tak sedikit juga PNS Aceh Timur yang akhirnya memilih berdomisili di daerah lain.
"Kesempatan ini sering dijadikan batu loncatan oleh masyarakat luar. Setelah lulus di Aceh Timur, kemudian mereka minta pindah ke daerah asalnya. Hal ini tentu sangat merugikan masyarakat Aceh Timur," jelas Sanusi. Ditambahkan, umumnya masyarakat luar yang lulus di Aceh Timur tidak bisa fokus bekerja, karena setelah lulus berharap segera pindah ke daerah asalnya. Sehingga semangat untuk memajukan Aceh Timur akan sangat rendah.

"Karena itu, kami minta kepala BKPSDM Aceh Timur agar bisa menyurati BKN untuk menindaklanjuti kebijakan ini seperti Kabupaten Singkil, Sabang, Pidie, dan daerah lainnya di Aceh yang menginginkan putra-putri daerah diprioritaskan. PNS asli putra daerah tentu akan lebih tulus dan berambisi membangun daerahnya sendiri," ungkapnya.

Peserta Simulasi CAT membeludak

Sementara itu, Pelaksanaan Simulasi Computer Assisted Test (CAT) CPNS yang telah dilaksanakan BKPSDM Aceh Timur pada Kamis (7/11) disambut antusias oleh masyarakat Aceh Timur. Hal ini ditandai dengan membeludaknya peserta saat ikut mendaftar simulasi CAT CPNS.
Kepala BKPSDM Aceh Timur, Drs Irfan Kamal melalui Sekretaris, T Didi Farisha SSTP mengatakan, simulasi CAT ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Kepegawaian tahun 2019. "Karena tahun ini Pemkab Aceh Timur juga mendapatkan alokasi penerimaan CPNS, maka kita hadirkan simulasi CAT ini. Kami berharap masyarakat Aceh Timur terbiasa menggunakan komputer dengan sistem CAT. Semoga banyak putra daerah yang dapat lulus tes CPNS tahun ini," harapnya.

Dia menambahkan, dalam simulasi CAT itu peserta akan menjawab 30 soal yang terdiri dari 10 soal TKP, 10 TIU, dan 10 soal TWK dalam waktu 30 menit. Setiap peserta dengan nilai tertinggi diberikan hadiah menarik oleh panitia penyelenggara.

Aceh Trbn