CPNS Abdya Lulus Passing Grade Sampai Seleksi Hari Kedua Berjumlah 159 Orang

Tes Berikutnya

Beda dengan hari pertama seleksi dibagi empat sesi, pada hari kedua, SKD yang diikuti 500 peserta dibagi lima sesi.CPNS Abdya Lulus Passing Grade Sampai Seleksi Hari Kedua Berjumlah 159 Orang, Ini Tes Berikutnya

Ketua BKPSDM Abdya, drh Hj Cut Hasnah Nur, menjabat Ketua Panselda CPNS Abdya, didampingi Sekretaris BKPSDM, Rahmad Sumedi SE dan Kabid Pembinaan dan Pengembangan, Pusmeri Surtina SKM, memberi keterangan pers tentang SKD CPNS, Senin (27/1/2020).  Pelaksanaan ujian atau Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lingkup Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Formasi 2019, memasuki hari kedua, Selasa (28/1/2020). Beda dengan hari pertama seleksi dibagi empat sesi, pada hari kedua, SKD yang diikuti 500 peserta dibagi lima sesi.
Dimulai sesi 5 pada pukul 8.00 WIB  sampai berakhir Sesi 9 sekitar pukul 17.30 WIB.
Pelaksanaan ujian di Aula Kantor Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Abdya atau bersebelahan  dengan Kantor BKPSDM Abdya di Kompleks Perkantoran Pemkab Abdya di Bukit Hijau, Desa Keude Paya, Kecamatan Blangpidie.
Peserta CPNS Abdya lulus passing grade sampai hari kedua, Selasa (28/1/2020) sebanyak 159 orang dari 882 peserta yang hadir mengikuti seleksi.
Khusus SKD hari kedua pada Selasa, peserta yang lulus passing grade sebanyak 93 orang dari 489 peserta yang hadir.
Sedangkan seleksi hari pertama pada Senin, peserta lulus passing grade berjumlah 66 orang dari 393 peserta yang hadir.
Ketua Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Penerimaan CPNS Kabupaten Abdya, drh H Cut Hasnah Nur menjelaskan, SKD pada Selasa (28/1/2020) dibagi lima sesi dengan peserta terdaftar jumlah 500 orang atau 100 peserta per sesi.
Pelaksanaan ujian dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT)  dibagi lima sesi berjalan tertib dan lancar. Pelaksanaannya oleh Tim Pelaksana CAT dari BKN Kanreg XIII Aceh dipimpin  Dwi Saputro (Koordinator Titik Lokasi Abdya) dan Panselda CPNS Abdya. 
Dalam pelaksanannya dari 500 peserta terdaftar, yang hadir mengikuti ujian 489 orang, tidak hadir 11 orang  tanpa keterangan dan yang lulus passing grade 93 orang.
Peserta yang lulus passing grade tiga meteri yang diuji, yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Kerakteristik Pribadi (TKP).
Nilai passing grade tiga materi ujian berjumlah 271, dengan rincian materi passing grade TIU 80, TWK 65 dan TKP sejumlah 126.
Ketiga materi ujian atau SKD yang diikuti peserta harus lulus passing grade.
Artinya, meskipun passing grade yang dicapai peserta tertentu sejumlah 271, jika salah sau meteri yang diuji tidak mencapai passing grade, maka tetap tidak lolos.
Sebanyak 93 peserta yang lulus passing grade pada ujian hari kedua, dirincikan;
Sesi 5, dari 100 peserta, hadir 99, tidak hadir 1, lulus passing grade 19 orang.
Sesi 6, dari 100 peserta, hadir 98, tidak hadir 2 dan lulus passing grade 20 orang.
Sesi 7, dari 100 peserta, hadir 98, tidak hadir 2 orang dan lulus passing grade 18 orang.
Sesi 8, dari 100 peserta, hadir 98, tidak hadir 2 orang dan lulus passing grade 17 orang.
Sesi 9, dari 100 peserta, hadir 96, tiddak hadir 4, dan lulus passing grade 19 orang.
Sehingga jumlah peserta lulus passing garde pada hari kedua seleksi sejumlah 93 peserta, dan total yang lulus passing grade selama dua hari mencapai 159 peserta.
Jumlah yang lulus passaing garde  tersebut terbilang banyak dibandingkan seleksi CPNS tahun-tahun sebelumnya.
Dari keterangan diperoleh bahwa banyak peserta yang lulus passing grade dikarenakan nilai passing grade sudah diturunkan, dibading seleksi tahun-tahun sebelumnya. 
Dari informasi diperoleh dari Panselda CPNS Abdya bahwa tahapan seleksi berikutnya adalah TKB (Tes Kompetensi Bidang) yang direncanakan tanggal 23 Maret mendatang.
Namun, tidak semua peserta yang lulus passing grade bisa mengikuti seleksi TKB. Sebab, menurut keterangan bahwa TKB hanya diikuti peserta yang menempati passing grade ranking 1 sampai 3 setiap 1 orang formasi (1 banding 3). 

Peserta Tetap Diperiksa dengan Metal Detektor


Seperti pertama, seleksi hari kedua, Selasa (28/1/2020) seluruh peserta yang mengikuti ujian atau SKD mengenakan pakaian atas (kemeja bagi pria dan wanita menyesuaikan) berwarna putih polos tanpa corak dan celana panjang/rok berwarna hitam (tidak perkenankan memakai kaos, celana berbahan jeans, dan sandal). Bagi peserta yang berjilbab, menggunakan jilbab warna hitam.

Petugas dari Satpol PP Abdya menjaga pintu gerbang atau pintu masuk kompleks Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Abdya.
Di pintu gerbang, petugas melakukan pemeriksaan, yaitu hanya peserta   yang bisa menunjukkan nomor ujian dan KTP yang diperkenankan masuk ke dalam kompleks lokasi ujian.
Sedangkan pendamping atau anggota keluarga harus menunggu di luar kompleks atau di seputaran kompleks Kantor BKPSM Abdya yang lokasinya bersebelahan dengan lokasi ujian peserta.
Peserta yang telah masuk ke dalam kompleks menunggu di bawah teratak yang sudah dipasang di halaman Kantor Cabang Dinas Pendidikan untuk melakukan registrasi atau pengesahan nomor ujian atau nomor SKD.
Usai regristrasi, peserta menuju tempat penyimpanan barang bawaan (loker) yang sudah dipersiapkan. Lalu, peserta menuju ruang pengarahan yang berada di lantai dua.
Saat menuju ruang pengarahan, peserta diperiksa dengan alat pendeteksi logam (metal detector). “Peserta yang masuk ruang pengarahan benar-benar dalam keadaan streril, hanya ada Kartu Ujian dan KTP,” kata Cut Hasnah Nur.
Sementara alat tulis sudah disediakan di ruangan ujian.
Selanjutnya dari ruang pengarahan, peserta menuju ruangan pelaksanaan ujian di ruang aula, dimana lokasinya berada di bagian tengah kompleks kantor cabang dinas pendidikan.
Seperti diberitakan, BKN Kanreg XIII  Aceh, telah mengeluarkan jadwal pelaksanaan ujian atau SKD CPNS formasi 2019, yaitu sejak 27 Januari sampai 4 Februari mendatang.atau selama sembilan hari.
Peserta SKD CPNS Abdya formasi 2019 berjumlah 4.179 orang. Sedangkan formasi yang diterima sejumlah 138 orang, namun salah satu formasi tidak ada peserta yang mendaftar, yaitu perawat anetesi yang dibutuhkan 3 orang.
Sehingga formasi CPNS Abdya tersisa 135 orang. 
Pelaksanaan SKD selama sembilan hari dan setiap hari berlangsung empat dan lima sesi.
Hari pertama, Senin 27 Junuari dilaksanakan empat sesi, Selasa 28 Januari lima sesi, Rabu 29 Januari lima sesi, Kamis 30 Januari lima sesi, Jumat 31 Januari dilaksanakan empat sesi.
Hari Sabtu 1 Februari dilaksanakan lima sesi, Minggu 2 Februari lima sesi, Senin 3 Februari lima sesi, dan hari terakhir Selasa 4 Februari dilaksanakan empat sesi.
Waktu ujian hari Senin sampai Minggu untuk sesi I pukul 08.00-09.30 WIB, sesi II pukul 10.00-11.30 WIB, sesi III pukul 12.00-13.30 WIB, sesi IV pukul 14.00-15.30 WIB, dan sesi V pukul 17.30 WIB.
Khusus hari Jumat sesi I pukul 08.00-09.30 WIB, sesi II pukul 10.00-11.30 WIB, sesi IV pukul 14.00-15.30 WIB dan sesi V pukul 16.00-17.30 WIB.  
Juga perlu perhatian peserta adalah waktu ujian dilaksanakan 90 menit, peserta diwajibkan hadir di lokasi 60 menit sebelum ujian untuk melakukan registrasi.

Aceh Trbn