Pelamar CPNS Abdya yang Sudah Lulus Passing Grade Jangan Cepat Gembira

Penjelasannya

Dalam ujian hari pertama dan hari kedua saja, peserta CPNS Abdya Formasi 2019 yang berhasil lulus passing grade SKD mencapai 159 orangPelamar CPNS Abdya yang Sudah Lulus Passing Grade Jangan Cepat Gembira, Simak Penjelasan Berikut  Pendamping atau anggota keluarga peserta ujian CPNS Kabupaten Abdya, tekun mengikuti perkembangan perolehan passing grade peserta yang sedang mengikuti SKD di ruang terpisah, Selasa (28/1/2020). Perolehan passing grade peserta ujian dapat dipantau melalui layar live score yang sediakan Panselda CPNS di bawah teratak lokasi samping kiri Kantor BKPSDM atau terpisah dengan lokasi ujian di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Abdya, dimana lokasinya bersebelahan. 

Dalam ujian hari pertama dan hari kedua saja, peserta CPNS Abdya Formasi 2019 yang berhasil lulus passing grade SKD mencapai 159 orang dari 882 peserta.

Laporan Zainun Yusuf| Aceh Barat Daya

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pelamar CPNS di Abdya Formasi 2019, memasuki hari ketiga, Rabu (29/1/2020).
Dalam ujian hari pertama dan hari kedua saja, peserta CPNS Abdya Formasi 2019 yang berhasil lulus passing grade SKD mencapai 159 orang dari 882 peserta. 
Sedangkan peserta yang lulus passing grade SKD pada ujian hari ketiga belum diketahui. 
Pasalnya sedang berlangsung hingga Rabu sore, tadi.
SKD hari ini juga dibagi lima sesi dengan jumlah 500 peserta atau 100 peserta per sesi.

Peserta yang lulus passing grade SKD pada seleksi CPNS tahun ini terbilang sangat banyak dibandingkan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya.
Hal ini dinilai karena passing grade SKD sudah diturunkan, dibanding passing grade seleksi CPNS terdahulu yang dinilai sangat tinggi.
Seleksi tahun ini (2020), peserta diuji tiga meteri, yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan passing grade 80.
Kemudian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan passing grade 65, dan Tes Kerakteristik Pribadi (TKP) dengan passing grade 126. 
Akan tetapi ratusan peserta CPNS Abdya yang lulus passing grade sepertinya jangan cepat bergembira dulu.

Soalnya, belum ada jaminan bisa mengikuti seleksi tahapan berikutnya, yaitu Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang dijadwalkan 23 Maret 2020.
Sekretaris BKPSDM Abdya, Rahmad Sumedi SE dan  Kabid Pembinaan dan Pengembangan, Pusmeri Surtina SKM  tentang hal ini0 Rabu (29/1/2020), memberi penjelasan.
 “TKB diikuti paserta yang memenuhi passing grade 1 berbanding 3 dari jumlah formasi,” kata Rahmad Sumedi  atas persetujuan Ketua Panselda CPNS setempat.
Artinya, jika jabatan tertentu diterima (formasi) 1 orang, maka peserta TKB adalah peserta yang masuk passing grade ranking 1 sampai 3.
Jika diterima 2 formasi, maka peserta TKB adalah peserta yang masuk passing grade ranking 1 sampai 6 dan seterusnya.

Penjelasan serupa juga disampaikan Pusmeri Surtina.
Tapi, pihaknya mengaku  belum jelas apakah ranking tersebut diambil berdasarkanformasi instansi (jabatan) atau secara global.
“Kita tunggu saja pengumuman selanjutnya dari Badan Kepegawaian Negara (BKN),” katanya.     
Sementara hasil pantauan, bahwa sebagian peserta  beranggapan bagi CPNS yang lulus passing grade SKD, maka otomatis bisa mengikuti seleksi berikutnya, yaitu TKB.
Namun, sebagian peserta lainnya mengaku belum tahu, apakah TKB diikuti peserta yang memenuhi passing grade atau hanya terbatas berdasarkan perolehan ranking passing grade saja.
Yang pasti mereka sangat berharap bagi peserta yang lulus passing grade SKD dapat mengikuti seleksi tahap berikutnya, yaitu Tes Kompetensi Bidang (TKB). 

Diberitakan sebelumnya, peserta CPNS Abdya lulus passing grade sampai hari kedua, Selasa (28/1/2020) sebanyak 159 orang dari 882 peserta yang hadir mengikuti seleksi.
Khusus SKD hari kedua pada Selasa, peserta yang lulus passing grade sebanyak 93 orang dari 489 peserta yang hadir.
Sedangkan seleksi hari pertama pada Senin, peserta lulus passing grade berjumlah 66 orang dari 393 peserta yang hadir.
Ketua Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Penerimaan CPNS Kabupaten Abdya, drh H Cut Hasnah Nur  menjelaskan, SKD Selasa (28/1/2020) dibagi lima sesi dengan peserta terdaftar jumlah 500 orang atau 100 peserta per sesi.
Pelaksanaan ujian dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT)  dibagi lima sesi berjalan tertib dan lancar.
Pelaksanaannya oleh Tim Pelaksana CAT dari BKN Kanreg XIII Aceh dipimpin  Dwi Saputro (Koordinator Titik Lokasi Abdya) dan Panselda CPNS Abdya.  
Dalam pelaksanannya dari 500 peserta terdaftar, yang hadir mengikuti ujian 489 orang, tidak hadir 11 orang  tanpa keterangan dan yang lulus passing grade 93 orang.
Peserta yang lulus passing grade tiga meteri yang diuji, yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Kerakteristik Pribadi (TKP). 
Nilai passing grade tiga materi ujian berjumlah 271, dengan rincian materi passing grade TIU 80, TWK 65 dan TKP sejumlah 126.
Ketiga materi ujian atau SKD yang diikuti peserta harus lulus passing grade.
Artinya, meskipun passing grade yang dicapai peserta tertentu sejumlah 271, jika salah sau meteri yang diuji tidak mencapai passing grade, maka tetap tidak lolos.
Masih seperti diberitakan bahwa  BKN Kanreg XIII  Aceh, telah mengeluarkan jadwal pelaksanaan ujian atau SKD CPNS formasi 2019, yaitu sejak 27 Januari sampai 4 Februari mendatang atau selama sembilan hari.
Peserta SKD CPNS Abdya formasi 2019 berjumlah 4.179 orang.
Sedangkan formasi yang diterima sejumlah 138 orang, namun salah satu formasi tidak ada peserta yang mendaftar, yaitu perawat anetesi yang dibutuhkan 3 orang. Sehingga formasi CPNS Abdya tersisa 135 orang.  
Pelaksanaan SKD selama sembilan hari dan setiap hari berlangsung empat dan lima sesi.
Hari pertama, Senin 27 Junuari dilaksanakan empat sesi, Selasa 28 Januari lima sesi, Rabu 29 Januari lima sesi, Kamis 30 Januari lima sesi, Jumat 31 Januari dilaksanakan empat sesi.
Hari Sabtu 1 Februari dilaksanakan lima sesi, Minggu 2 Februari lima sesi, Senin 3 Februari lima sesi, dan hari terakhir Selasa 4 Februari dilaksanakan empat sesi.
Waktu ujian hari Senin sampai Minggu untuk sesi I pukul 08.00-09.30 WIB, sesi II pukul 10.00-11.30 WIB, sesi III pukul 12.00-13.30 WIB, sesi IV pukul 14.00-15.30 WIB, dan sesi V pukul 17.30 WIB.
Khusus hari Jumat sesi I pukul 08.00-09.30 WIB, sesi II pukul 10.00-11.30 WIB, sesi IV pukul 14.00-15.30 WIB dan sesi V pukul 16.00-17.30 WIB.   
Juga perlu perhatian peserta adalah waktu ujian dilaksanakan 90 menit, peserta diwajibkan hadir di lokasi 60 menit sebelum ujian untuk melakukan registrasi.

Aceh Trbn