Peserta Lulus Passing Grade CPNS Abdya capai 349 Orang, yang Gugur 1.551 Orang

SKD CPNS Abdya Tuntas 19 Sesi

Peserta yang gugur mencapai 1.551 orang dari total peserta terdaftar untuk mengikuti 19 sesi ujian sejumlah 1.899 orang.SKD CPNS Abdya Tuntas 19 Sesi, Peserta Lulus Passing Grade 349 Orang, yang Gugur 1.551 Orang

Petugas Satpol Abdya memeriksa Nomor Ujian dan KTP peserta yang mengikuti SKD CPNS Lingkup Pemkab Abdya Formasi 2019 di pintu gerbang masuk lokasi seleksi di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Aeh Wilayah Abdya, Senin (27/1/2020).

Hanya peserta yang membawa nomor ujian dan KTP yang diperkenankan masuk lokasi.  Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)  Calon pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lingkup Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Formasi 2019 hari keempat, Kamis (30/1/2020), menuntas 19 sesi dari 42 sesi yang ditetapkan panitia. Berdasarkan hasil rekapitulasi hasil seleksi SKD yang diperoleh dari Panselda CPNS Abdya, Kamis sore, selama empat hari pelaksanaan SKD jumlah peserta yang lulus passing grade terus membengkak mencapai 349 orang dari jumlah peserta hadir mengikuti ujian sebanyak 1.850 orang.
Sedangkan, peserta yang gugur mencapai 1.551 orang dari total peserta terdaftar untuk mengikuti 19 sesi ujian sejumlah 1.899 orang.
Peserta yang gugur sejumlah 1.551 orang, terdiri dari 49 orang karena tidak hadir mengikuti SKD sehingga langsung gugur dan 1.502 gugur karena tidak mencapai nilai passing grade.
Peserta yang mengikuti SKD diuji kemampuan  tiga meteri. Yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan passing grade 80, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan passing grade 65, dan Tes Kerakteristik Pribadi (TKP) dengan passing grade 126.
“Ketiga materi yang diuji harus mencapai passing grade. Jika salah satu saja tak tercapai, meskipun dua materi lainnya lebih tinggi, maka yang bersangkutan tidak lulus passing grade,” kata Ketua Panitia Seleksi Daerah (Panselda) CPNS Abdya, drh Hj Cut Hasnah Nur.
Cut Hasnah Nur juga menjabat Kepala BKPSDM Abdya  melalui Sekretaris BKPSM, Rahmad Sumedi SE dan  Kabid Pembinaan dan Pengembangan, Pusmeri Surtina SKM , Kamis (30/1/2020) sore menjelaskan, pelaksanaan SKD sampai hari keempat (Kamis) berjalan tertib dan lancar.
Seleksi yang berlangsung selama 9 hari, sejak 27 Januari sampai 4 Februari mendatang dibagi 42 sesi. Hingga hari keempat pelaksanaan telah tuntas 19 sesi.
Khusus pelaksanaan SKD hari keempat (Kamis),  dari 499  peserta yang terdaftar ternyata yang hadir 482 peserta, sedangkan 17 peserta tidak hadir. Hasilnya 102  peserta lulus passing grade tiga meteri ujian (TIU, TWK dan TKP). 
Hasil ini semakin membengkak jumlah peserta yang lulus passing grade selama empat hari SKD, yaitu sudah mencapai 347 peserta. Masing-masing, hari pertama lulus 66, hari kedua lulus 93, hari ketiga lulus 88, dan hari keempat lulus 102 peserta.
Tingginya jumlah kelulusan passing grade SKD CPNS Formasi 2019 telah mencapai 349 peserta, menurut keterangan dari kalangan Panselda, karena faktor  kemampuan peserta.
Faktor lain, passing grade SKD sudah diturunkan dari passing grade seleksi CPNS terdahulu yang dinilai sangat tinggi.
Meningkatnya jumlah peserta lulus passing grade berdampak semakin sulit untuk lolos untuk mengikuti seleksi berikutnya, yaitu Tes Kompetensi Bidang (TKB), dimana sesuai jadwal sebelumnya direncanakan 23 Maret mendatang.
Ketua Panselda CPNS Abdya, Hj Cut Hasnah Nur, juga menjabat Kepala BKPSDM Abdya, melalui Sekretaris BKPSDM, Rahmad Sumedi SE dan  Kabid Pembinaan dan Pengembangan, Pusmeri Surtina SKM  menjelaskan,  seleksi berikutnya, yaitu TKB  berlaku rangking capaian passing grade SKD, 1 berbanding 3.
“TKB diikuti paserta yang memenuhi passing grade 1 berbanding 3 dari jumlah formasi,” kata Sekretaris BKPSDM, Rahmad Sumedi SE dan  Kabid Pembinaan dan Pengembangan, Pusmeri Surtina SKM.
Artinya, jika jabatan atau instansi tertentu  diterima (formasi) 1 CPNS, maka peserta TKB adalah peserta yang masuk passing grade  ranking 1 sampai 3.
Dan, jika yang diterima 2 formasi CPNS, maka peserta TKB adalah peserta yang masuk passing grade ranking 1 sampai 6, dan seterusnya.
Penjelasan serupa juga disampaikan Pusmeri Surtina. Tapi, pihaknya mengaku  belum jelas apakah ranking tersebut diambil berdasarkan formasi instansi (jabatan) atau secara global. “Kita tunggu saja pengumuman selanjutnya dari Badan Kepegawaian Negara (BKN),” katanya.    
Sementara, sebagian peserta  beranggapan bahwa peserta CPNS yang lulus passing grade SKD, maka otomatis bisa mengikuti seleksi berikutnya, yaitu TKB.
Sedangkan sebagian peserta lainnya mengaku belum tahu, apakah TKB diikuti peserta yang memenuhi passing grade atau terbatas peserta yang masuk ranking passing grade saja.
Yang pasti para CPNS yang telah memenuhi passing grade berharap sangat  bisa mengikuti ‘pertarungan’ tahap berikutnya, yaitu seleksi atau TKB.
Pelaksanaan SKD dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT)  yang telah berjalan empat hari dari sembilan hari dijadwalkan, berlangsung tertib dan lancar
Pelaksanaannya oleh  Tim Pelaksana CAT dari BKN Kanreg XIII Aceh dipimpin  Dwi Saputro (Koordinator Titik Lokasi Abdya) dibantu Panselda Penerimaan CPNS Abdya. 
Masih seperti diberitakan bahwa  BKN Kanreg XIII  Aceh, telah mengeluarkan jadwal pelaksanaan ujian atau SKD CPNS formasi 2019, yaitu sejak 27 Januari sampai 4 Februari mendatang atau selama sembilan hari.
Peserta SKD CPNS Abdya formasi 2019 berjumlah 4.179 orang. Sedangkan formasi yang diterima sejumlah 138 orang, namun salah satu formasi tidak ada peserta yang mendaftar, yaitu perawat anetesi kualifikasi pendidikan S1 yang dibutuhkan 3 orang. Sehingga formasi CPNS Abdya tahun 2019 tersisa 135 orang. 
Pelaksanaan SKD selama sembilan hari dan setiap hari berlangsung empat dan lima sesi. Masing-masing sesi diikuti 100 peserta terdaftar.
Hari pertama, Senin 27 Junuari dilaksanakan empat sesi, Selasa 28 Januari lima sesi, Rabu 29 Januari lima sesi, Kamis 30 Januari lima sesi, Jumat 31 Januari dilaksanakan empat sesi.
Hari Sabtu 1 Februari dilaksanakan lima sesi, Minggu 2 Februari lima sesi, Senin 3 Februari lima sesi, dan hari terakhir Selasa 4 Februari dilaksanakan empat sesi.
Waktu ujian hari Senin sampai Minggu untuk sesi I pukul 08.00-09.30 WIB, sesi II pukul 10.00-11.30 WIB, sesi III pukul 12.00-13.30 WIB, sesi IV pukul 14.00-15.30 WIB, dan sesi V pukul 17.30 WIB.
Khusus hari Jumat sesi I pukul 08.00-09.30 WIB, sesi II pukul 10.00-11.30 WIB, sesi IV pukul 14.00-15.30 WIB dan sesi V pukul 16.00-17.30 WIB.  
Juga perlu perhatian peserta adalah waktu ujian dilaksanakan 90 menit, peserta diwajibkan hadir di lokasi 60 menit sebelum ujian untuk melakukan registrasi.Aceh Trbn