Kisi-kisi Materi Soal Ujian SKB CPNS 2019

Setelah Lolos Tes SKD

Pelaksanaan ujian tes SKD CPNS 2019 masih berlangsung.Peserta yang dinyatakan lolos tes SKD dapat memperlajari materi tes SKB.Berikut materinya.
Kisi-kisi Materi Soal Ujian SKB CPNS 2019 setelah Lolos Tes SKD
Twitter @BKNgoid
Kisi-kisi Materi Soal Ujian SKB CPNS 2019 setelah Lolos Tes SKD 
Kisi-kisi Materi Soal Ujian SKB CPNS 2019 setelah Lolos Tes SKD
Pelaksanaan tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) untuk seleksi CPNS 2019 masih berlangsung. 
Hasil Tes SKD CPNS 2019 akan menjadi penentu apakah peserta seleksi CPNS 2019 lolos atau tidak untuk ikut Tes SKB sebagai tahapan selanjutnya.
Mengutip dari Kompas.com, dari data yang dihimpun oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Minggu (16/2/2020) pukul 18.00 WIB, sebanyak 1.982.837 peserta melakukan tes SKD.


Contoh kriteria peserta SKD ke tahap SKB
Contoh kriteria peserta SKD ke tahap SKB (twitter.com/BKNgoid)

Tahun ini nilai ambang batas atau Passing Grade CPNS 2019 turun.
Peserta formasi umum harus mendapat nilai minimal TKP minimal sebesar 120, nilai TIU minimal sebesar 80, dan nilai TWK minimal sebesar 65.
Ketentuan nilai ambang batas ini diatur dalam PermenPANRB Nomor 24 Tahun 2019. Berikut rincian nilai Passing Grade SKD CPNS 2019 tiap formasi :
a. Cumlaude dan Diaspora Nilai ambang batas formasi ini yaitu TIU minimal sebesar 85 dan tidak ada nilai minimal untuk TKP dan TWK. Namun, nilai kumulatif kategori cumlaude dan diaspora minimal berjumlah 271.
b. Penyandang Disabilitas Formasi penyandang disabilitas mempunyai nilai ambang batas yaitu nilai TIU minimal sebesar 70 dan tidak ada nilai minimal untuk TKP dan TWK. Namun, nilai kumulatif kategori ini minimal berjumlah 260.
c. Putra/Putri Papua dan Papua Barat Formasi ini mempunyai nilai ambang batas yaitu TIU minimal sebesar 60 dan tidak ada nilai minimal untuk TKP dan TWK. Namun, nilai kumulatif kategori ini minimal berjumlah 260.
Peserta yang lolos mengikuti tes seleksi kompetensi bidang (SKB), harus mengikuti paling banyak tiga kali dari jumlah formasi/ kebutuhan sesuai jabatan. Peserta mendapat peringkat tiga besar nilai tertinggi tes SKD.
Bulan November 2019, BKN menjelaskan terkait materi utama SKB CPNS 2019.

Materi soal SKB CPNS tahun ini dibuat oleh instansi pembina jabatan fungsional.



Selain tes SKB menggunakan sistem CAT, berikut materi tes SKB di Instansi Pusat :
  • Tes potensi akademik
  • Tes praktik kerja
  • Tes bahasa asing
  • Tes fisik/sesamaptaan
  • Psikotes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara sesuai yang dipersyaratkan oleh jabatan (sedikitnya dua jenis/bentuk tes).
Materi soal SKB CPNS ini bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang sesuai atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait.
Sementara itu jabatan yang bersifat sangat teknis atau membutuhkan keahlian khusus seperti pranata komputer, SKB dapat dilakukan dalam bentuk praktik kerja.
Selanjutnya, untuk Instansi Daerah yang penyelenggaraan SKB selain menggunakan CAT, wajib menetapkan pedoman/paduan pelaksanaan tes.
( TribnDwi Latifatul Fajri )