BKD Jateng Sebut Ujian SKB CPNS Kemungkinan Bisa Dilakukan Juli 2020



Dampak pandemi corona Covid-19 mengakibatkan agenda nasional terganggu, seperti halnya perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019.

Seperti diketahui, tahap seleksi rekrutmen abdi negara yang terakhir dilaksanakan sebelum masa pandemi yakni pengumuman peserta lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Seharusnya, tidak lama setelah pengumuman kelolosan SKD, seleksi selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bisa dilakukan yang awalnya bisa dilakukan Maret.

Melihat kondisi, tes SKB pun ditunda.


Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah mengikuti arahan dari pemerintah pusat untuk penyelenggaraan SKB.

"Kemungkinan tes SKB bisa dilakukan pada Juli 2020," kata Kepala BKD Jateng, Wisnu Zaroh, Minggu (17/5/2020).

Ketika ditanya model tes SKB yang akan dilakukan, ia menjelaskan tetap akan dilakukan seperti biasanya.

Namun, dengan catatan, wabah corona telah berakhir. Bagainana jika masih berlangsung?

"Tes dilakukan secara klasikal, namun dengan melihat keadaan. Juli diharapkan situasi membaik. Namun, jika masih berlanjut, banyak opsi yang bisa dilakukan termasuk virtual," terangnya.

Ia menjelaskan Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapkan sejumlah strategi agar seleksi CPNS segera selesai.

Tes CPNS 2019 ini artinya sudah mengalami penundaan hingga dua kali. Yang pertama, tes mundur lantaran pesta demokrasi pilpres sehingga tes dilakukan pada 2020.

Pemprov Jateng telah mengumumkan hasil SKD CPNS 2019 pada Minggu (22/3/2020). Jumlah peserta SKD yang lolos sebanyak 3.835 orang.

Sementara, jumlah peserta tes SKD sebanyak 49.223 orang.

Ada 21 jabatan yang tidak terisi dan sebanyak 82 formasi kosong. Hal ini karena beberapa alasan, yakni tidak adanya peserta yang melamar untuk tiga formasi, tidak ada yang memenuhi syarat administrasi pada semua unit kerja sebanyak 33 formasi.

Kemudian, tidak ada yang memenuhi syarat administrasi pada sebagian unit kerja sebanyak 25 formasi. Lalu, tidak ada yang lulus batas ambang atau passing grade sebanyak 21 formasi.(mam)

Trbn Jateng