Jadwal SKB CPNS 2019 Resmi dari BKN, Digelar Agustus hingga Oktober, Pakai Metode CAT Online?

UPDATE Jadwal SKB CPNS 2019 Resmi dari BKN, Digelar Agustus hingga Oktober, Pakai Metode CAT Online?

Update Jadwal SKB CPNS 2019 Resmi dari BKN, Digelar Agustus hingga Oktober, Pakai Metode CAT Online? Berikut selengkapnya!

UPDATE Jadwal SKB CPNS 2019 Resmi dari BKN, Digelar Agustus hingga Oktober, Pakai Metode CAT Online?
Ilustrasi  Update Jadwal SKB CPNS 2019 resmi dari BKN, digelar Agustus hingga Oktober, pakai Metode CAT Online? Berikut selengkapnya! Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Hari Wibisana mengatakan, tes Seleksi Kompetensi Bidang ( SKB) CPNS 2019 yang sempat ditunda akibat pandemi Covid-19, akan digelar kembali.
Rencananya, pelaksanaan SKB CPNS 2019 itu akan dilakukan pada Agustus hingga Oktober 2020.
"Jadwal SKB rencana akan dilakukan pada akhir Agustus hingga awal Oktober 2020, setelah ujian seleksi sekolah kedinasan selesai," kata Bima dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR, Selasa (23/6/2020).
Pelaksanaan SKB CPNS 2019 akan dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.
Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk menetapkan lokasi ujian yang layak.
"Panselnas akan menetapkan lokasi ujian yang meminimalisir pergerakan peserta karena potensi pergerakan peserta kemungkinan bisa saja terjadi lintas kabupaten/kota, lintas provinsi, atau bahkan harus ke Jakarta," ujar Bima.
"Oleh sebab itu, Panselnas akan melakukan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 di pusat atau daerah," lanjut dia.
Bima mengatakan, saat ini BKN telah menyiapkan surat edaran terkait pelaksanaan SKB CPNS 2019 dengan protokol kesehatan Covid-19.
Hingga saat ini BKN masih terus memantau perkembangan pandemi Covid-19 di Tanah Air.
"Hal ini tetap melihat keadaan situasi perkembangan pandemi Covid-19 ke depan. Saat ini BKN telah menyiapkan surat edaran Kepala BKN tentang mekansime pelaksanaan seleksi dengan computer assistant test (CAT) yang mengedepankan protokol kesehatan, pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai dengan keputusan Menkes," ucap dia.
Diberitakan, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 yang sedianya dilaksanakan pada 25 Maret 2020 ditunda, menyusul wabah virus corona atau Covid-19 yang kian masif.
Penundaan ini meliputi pelaksanaan SKB baik dengan metode CAT maupun yang diselenggarakan oleh masing-masing instansi.
"Ditunda sampai dengan ditetapkannya kebijakan lebih lanjut berdasarkan evaluasi Panselnas yang hasilnya akan kami beritahukan kemudian dalam bentuk Surat Edaran," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Rabu (18/3/2020).
Penundaan itu secara resmi tertuang di dalam Surat Nomor B/318/M.SM.01.00/2020 tanggal 17 Maret 2020 perihal Penundaan Jadwal Pelaksanaan SKB Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019.
Meski pelaksanaan SKB ditunda, namun pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tetap dilaksanakan sesuai jadwal yaitu pada 22-23 Maret 2020.

Nasib SKB CPNS bila tetap tak bisa digelar pada Agustus - September


Nasib SKB CPNS bila akhirnya tetap tak bisa digelar pada Agustus - September 2020 mendatang ditanyakan warga melalui akun Twitter resmi BKN @BKNgoid pada 5 Juni 2020.

Menanggapi hal ini, BKN mengimbau agar pihak yang menanti kabar seputar SKB CPNS tetap bersabar.
Para pemangku kebijakan, kata BKN, tentunya sudah memikirkan apa saja langkah yang bisa diambil untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa terjadi.
#ASNKiniBeda@BKNgoid
"Sabar ya #SobatBKN, para pemangku kebijakan tentunya sudah memikirkan langkah2 antisipasi yang akan dilaksanakan nantinya.
Kebijakan apapun yang dihasilkan nantinya adalah yg terbaik di era #NewNormalIndonesia sekarang ini.,' kata BKN



Opsi-opsi Pelaksanaan SKB CPNS terus dikaji, Termasuk CAT Online

Melalui akun Twitter resminya @BKBgoid BKN menginformasikan bahwa opsi-opsi pelaksanaan SKB CPNS di tengah pandemi covid-19 terus dikaji dan diuji coba, salah satunya bila akhirnya digelar CAT online.
Pertanyaan ini disampaikan BKN untuk menanggapi salah satu warnaget yang mempertanyakan adanya kabar beredar yang menyebutkan SKB CPNS akan digelar dengan CAT online.
Terkait kabar ini, warganet tersebut mempertanyakan gambaran atau teknis pelaksanaan SKB CPNS bila akhirnya digelar dengan CAT online.
Sopandi Ahmad @SopandiAhmad
"Enggak kok Min, saya nanyanya kalau SKB dg CAT online, seperti apa teknisnya? Tuh kan beda" katanya.
BKN menyampaikan bahwa metode CAT online ini masih terus diuji coba.
CAT secara online menurut BKN sudah pernah digunakan saat seleksi JPT Pratama di Kementerian Agama (Kemenag) bulan lalu.
"Metode ini msh terus diuji coba, pertama kali digunakan saat seleksi JPT Kemenag bulan lalu.
Mengingat SKB melibatkan lebih banyak peserta, pertimbangannya harus lbh matang, apalagi di masa pandemi saat ini.
Begitu," kata BKN.


Usia lewat 35 tahun gara-gara SKB CPNS 2019 ditunda tak perlu khawatir


Masih seputar tanggapan di akun Twitter resmi BKN @BKNgoid, BKN juga memberikan kabar baik seputar peserta SKB CPNS yang telah berusia lebih dari 35 tahun gara-gara pelaksanaan SKB CPNS ditunda.

Dijelaskan BKN, peserta SKB CPNS tersebut tak perlu khawatir dan tetap akan menjadi peserta SKB CPNS.
"Lanjut SKB?
Kalau lanjut gak masalah, kan sudah melewati seleksi administrasi. Dihitung per kamu mendaftar," kata BKN



(tribun-timur.com/tribunpalu.com)
Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas dengan judul "Seleksi Kompetensi Bidang CPNS 2019 Digelar Agustus-Oktober 2020"