Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Bakal Digelar Agustus 2020


Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun formasi 2019 mengalami penundaan akibat wabah pandemi virus corona (Covid-19). Rencananya, penyelenggaraan tes tersebut akan dilanjutkan pada Agustus 2020.

Namun demikian, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan hingga saat ini belum ada tanggal pasti kapan pelaksanaan SKB CPNS akan kembali digelar.

Adapun secara proyeksi, kegiatan tes lanjutan dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tersebut bakal dilaksanakan hingga awal Oktober 2020.
Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus untuk menyelesaikan proses tes SKD sekolah kedinasan yang dilaksanakan sejak 1 Juli 2020.

"Kalau tanggalnya belum sih, kita sedang fokus untuk SKD Sekolah Kedinasan. Kalau sekedar ancar-ancar pelaksanaan SKB sekitar akhir Agustus sampai awal Oktober," jelas Paryono kepada Liputan6.com, Jumat (3/7/2020).

Dalam pelaksanaan tes SKB CPNS, BKN sebelumnya berupaya agar itu dapat dilakukan secara langsung alias tidak melalui online. Sejalan dengan rencana tersebut, BKN akan memastikan protokol kesehatan dan keamanan di lapangan.

Kesiapan Infrastruktur

Dari aspek kesiapan infrastruktur, BKN kini tengah menyiapkan agar tes dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) bisa digelar. Tapi jika itu tidak memungkinkan, maka BKN telah menyiapkan opsi ujian berbasis online.

Dalam opsi ini, BKN telah melakukan tes uji coba stress testing sistem CAT online. Berbagai kesiapan juga sudah dirundingkan bersama Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Sementara untuk timeline pelaksanaan CPNS hingga tuntas, Paryono melanjutkan, BKN belum menentukannya dan masih menunggu kepastian jadwal tes SKB. "Kalau yang CPNS masih ditunggu, karena masih dalam tahapan rencana SKB," ujar Paryono.