Tes SKB CPNS Lombok Barat Dipermudah


Akan ada kemudahan terkait pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS tahun ini. ”Tesnya bisa dilakukan di Kantor BKN atau UPT. Tidak harus datang ke wilayah yang dilamar,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSD) Lobar Suparlan, Jumat (24/7).

Rencana tersebut mencuat setelah rapat BKDPSDM Lobar dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional X Denpasar. Melalui vidcon, kemarin. Bersama Kepala BKD se-Bali dan NTB.

Suparlan menerangkan, tes SKB nanti tidak harus dilakukan di wilayah lamaran. Misalnya, ada peserta dari Sumbawa atau Bima mendaftar untuk lowongan CPNS Lobar, yang bersangkutan tidak harus ikut tes di Kabupaten Lobar.

Begitu juga untuk peserta tes dari Lobar. Mereka yang mendaftar untuk lowongan CPNS di Pulau Sumbawa atau luar wilayah NTB, tak perlu jauh-jauh pergi untuk mengikuti pelaksanaan tes SKB. ”Kalau daftarnya di Jakarta misalnya, dimungkinkan tes dari sini. Melalui UPT BKN di sini,” ujar Suparlan.

Untuk bisa mengikuti itu, peserta tes akan diminta mendaftar kembali. Mereka akan diberikan pilihan, apakah mengikuti tes di lokasi lamaran atau di Kantor BKN atau UPT BKN. ”28 Agustus harus final soal lokasi tes masing-masing peserta,” imbuhnya.

Suparlan mengatakan, pilihan ini diberikan untuk mencegah terjadinya penyebaran covid. ”Untuk mempermudah kan. Apalagi di masa pandemi sekarang. Dikwatirkan ada potensi penularan kalau peserta CPNS ini bepergian sampai ke luar daerah,” jelas Suparlan.

Selain itu, untuk tes SKB nanti, pelaksanaannya akan berbeda dengan tes SKD. Tes SKB Lobar akan gabung dengan UPT BKN di Kota Mataram.

Pelaksanaan tes SKB akan menggunakan protokol pencegahan covid. Berlaku untuk panitia dan peserta CPNS. Kabid Pengadaan, Penempatan, dan Fasilitas Purna Tugas BKDPSDM Lobar Lalu Suastariyadi mengatakan, untuk alat pelindung diri (APD) panitia tes, pihaknya akan berkoordinasi dengan BPBD.

”Kita minta bantuan ke sana terkait proteksi panitia. Kalau dari peserta, mereka yang akan menyediakan sendiri,” katanya. (dit)