Warga Kabupaten Manokwari Selatan Meminta Prioritas Putra Daerah Pada Penerimaan CPNS 2018



Warga Mansel Minta Prioritas Penerimaan CPNS 2018
Ratusan warga Mansel menyampaikan aspirasi di kantor Bupati Mansel, 24 Juli 2020.
Puluhan warga Manokwari Selatan meminta mereka diprioritaskan dalam penerimaan CPNS 2018 yang rencananya akan diumumkan serempak se-Papua Barat pada 40 Juli mendatang.
Aspirasi itu mereka sampaikan di kantor Bupati Manokwari Selatan, Ransiki, di sela kunjungan kerja Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Jumat (24/07/2020).
Selain soal CPNS, mereka juga menekankan penggunaan bibit lokal Mansel untuk pembukaan kebun baru yang merupakan program bantuan Pemprov Papua Barat.


Warga Mansel Minta Prioritas Penerimaan CPNS 2018
Aspirasi warga Manokwari Selatan soal CPNS dan perkebunan.

Aspirasi sebanyak tujuh butir itu mereka bacakan di hadapan Gubernur, Bupati Manokwari Selatan Markus Waran, dan Ketua DPR Papua Barat Orgenes Wonggor.
Gubernur menanggapi aspirasi tersebut, khususnya soal CPNS, dengan menegaskan bahwa Pemprov mendukung penuh hal itu.


Warga Mansel Minta Prioritas Penerimaan CPNS 2018
Gubernur Papua Barat usai memberi penjelasan atas aspirasi warga Mansel di Ransiki, 24 Juli 2020.

Perjuangan panjang dilakukan Pemprov Papua Barat dan Pemprov Papua untuk memastikan Orang Asli Papua jadi prioritas penerimaan CPNS di Tanah Papua.
Aspirasi itu berhasil tahun lalu dengan persetujuan Presiden Joko Widodo bahwa khusus Tanah Papua penerimaan CPNS dengan kuota 80 persen OAP dan 20 persen non OAP, dengan test online lokal yang hanya bisa diikuti warga Tanah Papua.(an/dixie)