284 Peserta Pilih Lokasi SKB CPNS 2019 di Subulussalam

Jelang Penutupan Daftar Ulang, Sementara sebanyak 196 peserta dilaporkan memilih lokasi tes di luar Kota Subulussalam.
Jelang Penutupan Daftar Ulang, 284 Peserta Pilih Lokasi SKB CPNS 2019 di Subulussalam
ASMARDIN, SH MH, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Subulussalam. 
Sementara sebanyak 196 peserta dilaporkan memilih lokasi tes di luar Kota Subulussalam.
Laporan Khalidin I Subulussalam
Jadwal daftar ulang Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Subulussalam segera berakhir. 
Tepatnnya tinggal beberapa jam lagi karena pendaftaran ulang ini hingga Jumat (7/8/2020) pukul 23.59 WIB. 
Sebanyak 284 peserta memilih lokasi tes SKB ini di Kota Subulussalam.
Hal itu disampaikan Plt Kepala Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Subulussalam, Asmardin SH MH .
Sementara sebanyak 196 peserta dilaporkan memilih lokasi tes di luar Kota Subulussalam.

“Sampai sekarang sudah 284 peserta memilih lokasi ujian di Subulussalam, dan ada 196 di luar Subulussalam,” kata Asmardin
Asmardin mengatakan para peserta yang memilih lokasi tes SKB di luar Kota Subulussalam tersebar di sejumlah daerah.
Mereka, kata Asmardin merupakan pelamar dari luar Kota Subulussalam yang memilih lokasi yang dekat dengan domisilinya.
Hal ini meman dibenarkan karena situasi Covid-19, guna memutus rantai penyebaran wabah tersebut dan mendukung protokol kesehatan.
Kendati demikian, lanjut Asmardin data terkait dapat berubah sewaktu-waktu sebelum masa penutupan pendaftaran yang berakhir pukul 23.59 WIB.
Terkait hal tersebut, Asmardin menjelaskan SKB CPNS formasi 2019 digelar dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.
Menurut Asmardin, para peserta akan diwajibkan mengenakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak.
Untuk di ruang ujian, kata Asmardin secara teknis memang sudah diatur jarak antara peserta.
”Kalau di ruang memang posisi meja antarpeserta sudah berjarak,” ujar Asmardin
Selain masker dan mencuci tangan, para peserta luar Kota Subulussalam seperti dari Sumatera Utara atau lainnya juga diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan gugus tugas.
Nantinya, kata Asmardin BKPSDM akan berkoordinasi dengan gugus tugas Covid-19 terkait peserta CPNS asal luar daerah yang akan ujian di Subulussalam.
Dikatakan, jika memang harus melengkapi surat keterangan sehat (rapid test) maka itu wajib dipenuhi peserta.
Menurut Asmardin para peserta dapat memilih lokasi ujian yang terdekat. Jadi, bisa saja para peserta akan mengikuti ujian SKB di daerahnya.
“Tapi kalau memang ada peserta yang masuk ke Subulussalam dari luar daerah ini tentunya kewenanganan tim gugus,” terang Asmardin seraya menambahkan  pelakasanaan SKB akan berlangsung selama dua hari di daerah ini.
Lebih jauh disampaikan untuk Kota Subulussalam akan melaksanakan ujian SKB di daerah ini tepatnya Aula Pendopo Wali Kota Subulussalam Jln Prof Ali Hasmy.
Sejatinya, kata Asmardin tiga kabupaten/kota yakni Subulussalam, Aceh Singkil dan Aceh Selatan menggelar SKB di satu lokasi.
Namun Aceh Selatan menggelar SKB di Tapaktuan secara tersendiri. Subulussalam telah meminta bergabung namun tidak diizinkan karena alasan situasi Covid-19 sehingga menghindari kerumuman lebih banyak.
Sementara Aceh Singkil, kata Asmardin sudah mengkonfirmasi ke Subulussalam untuk bergabung tes SKB di sana.
Sebab, jumlah peserta CPNS yang memenuhi syarat ikut SKB hanya sekitar 184 orang.
Sedangkan di Kota Subulussalam ada sebanyak 482 orang peserta CPNS yang akan mengikuti ujian SKB.
Karenanya, untuk Subulussalam akan berlangsung dua hari pelaksanaan SKB.
“Kalau misalkan Aceh Singkil memang bergabung dengan Subulussalam nanti waktunya menjadi tiga hari,” ujar Asmardin
Asmardin belum dapat memberikan informasi berapa jumlah CPNS yang mendaftar untuk SKB di Kota Subulussalam.
Sebab pendaftaran secara online dan masih berlangsung. Data jumlah, lanjut Asmardin baru akan dirangkum setelah proses pendaftaran ditutup.
Sebab, ada kemungkinan peserta CPNS akan mengganti lokasi SKB.
Peserta CPNS, lanjut Asmardin berkesempatan mengikuti tes SKB di lokasi yang dekat dengan domisilinya sesuai seperti di regional BKN dan lainnya.
Sebelumnya Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Subulussalam telah mengumumkan jadwal untuk seleksi kompetensi bidang (SKB) bagi para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di daerah itu.
Pengumuman tersebut tertuang dalam surat nomor 800/428/75.020.3/2020 tentang pendaftaran ulang dan pencetakan kartu ujian peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS formasi 2019 Kota Subulussalam.
Pengumuman ini dilaksanakan setelah sebelumnya sempat mengalami penundaan dalam waktu pelaksanaannya karena adanya pandemi virus Corona (Covid-19).
Plt Kepala BKPSDM Kota Subulussalam, Asmardin SH, MH , Rabu (5/8/2020) mengatakan ujian SKB segera dilaksanakan di Subulussalam.
Berikut jadwal SKB CPNS di Kota Subulussalam yang dimulai pendaftaran ulang SKB 1-7 Agustus 2020.
Selanjutnya cetak ulang kartu ujian SKB  8 Agustus 2020 dan pengumuman jadwal pelaksanaan SKB 18 Agustus 2020.
Sementara pengumuman hasil seleksi digelar pada 30 Oktober 2020 mendatang.
Kemudian lokasi pelaksanaan SKB yang dipilih antara lain, Aula Pendopo Wali Kota Subulusalam Jln Prof Ali Hasimy, Kota Subulussalam.
Peserta juga dapat memilih lokasi lain pada domisili terdekat seperti  di kantor Regional BKN, UPT BKN atau lokasi yang difasilitasi BKN seluruh Indonesia.
Dalam hal lokasi tes, Asmardin mengingatkan peserta yang ingin melakukan perubahan. Dikatakan, perubahan lokasi tes hanya dapat dilaksanakan sebelum tanggal 7 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB.
Asmardin mengatakan, semua kegiatan tersebut akan diselenggarakan dengan memperhatikan Pedoman dan Protokol Pencegahan Penyebaran Covid-19 yang diterapkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
Mengacu pada SE Nomor: 17/SE/VII/2020 terkait Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Terkait daftar yang perlu disiapkan oleh peserta SKB CPNS 2019.
Sebelumnya Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Subulussalam mengumumkan jadwal Pendaftaran Ulang Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Informasi tersebut disampaikan Plt. Kepala BKPSDM Kota Subulussalam, Asmardin SH, MH , Selasa (4/8/2020).
Pengumuman tersebut tertuang dalam surat nomor 800/428/75.020.3/2020 tentang pendaftaran ulang dan pencetakan kartu ujian peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS formasi 2019 Kota Subulussalam.
Pengumuman tentang pendaftaran ulang peserta SKB seleksi CPNS formasi tahun 2019 tersebut berdasarkan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Ketua Tim Pelaksana Seleksi Nasional Pengadaan CPNS 2019.
Surat BKN bernomor K 26-30/V 116-4/99 , yang terbit pada 27 Juli 2020, tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan CPNS.
Asmardin menjelaskan sesuai surat edaran tersebut, peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berhak mengikuti SKB.
Berdasarkan Pengumuman nomor : 810//75.020.3/2020 tentang hasil Seleksi Kompetensi Dasar penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil formasi  2019 Pemerintah Kota Subulussalam.
Di sisi lain, Asmardin mengatakan ketentuan pelaksanaan SKB sesuai dengan Surat Edaran Kepala BKN Nomor: 17/SE/VII/2020 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode Computer Assisted Test
Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN) dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Sebagaimana diberitakan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Subulussalam telah berakhir, Selasa (11/2/2020) sore.
Sebanyak 1.202 dari 4.361 peserta yang hadir dinyatakan memenuhi Passing Grade (PG) dalam ujian tersebut.
Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Subulussalam, Asmardin, SH MH mengatakan jumlah peserta yang hadir pada ujian SKD selama sepuluh hari sebanyak 4.361 orang.
Kemudian tiga peserta lainnya tetap hadir namun tidak ikut ujian lagi melainkan mencukupkan nilai SKD-nya saat seleksi CPNS 2018 lalu.
Terdapat 301 peserta absen dari ujian yang berlangsung di Gedung Serbaguna Pendapa Wali Kota Subulussalam.
Lebih jauh Asmardin menjelaskan, pada hari terakhir, jumlah peserta yang terdaftar untuk ujian sebanyak 365 orang dengan empat sesi.
Namun tidak semuanya hadir. Peserta yang hadir di sesi pertama hanya 85 orang, sesi kedua 92 orang dan sesi ketiga 90 orang.
Kemudian di sesi terakhir peserta yang hadir hanya 52 dari 65 orang terdaftar.
Sementara untuk peserta yang lulus PG di hari terakhir sesi pertama 16 orang, sesi ketiga 27 orang. Kemudian di sesi ketiga 31 orang dan sesi terakhir 7 orang.
Asmardin menambahkan segala proses ujian SKD CPNS di Subulussalam berjalan dengan lancar.
Dalam kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 23 orang dibantu tim BKN Regional XIII.
”Alhamdulillah semua tahapan sudah tuntas dan berjalan dengan lancar,” ungkap Asmardin.
Aceh Tribun