Kota Mataram Usulkan 400 Formasi CPNS Tahun 2021

TES PEGAWAI: Para peserta seleksi CPNS diperiksa sebelum masuk ruangan CAT, saat seleksi kompetensi dasar, beberapa waktu lalu.
Pemkot Mataram mengusulkan 400 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Jumlah tersebut hasil kalkulasi dari kebutuhan pegawai daerah ini pada tahun 2020 dan 2021.

“Tiap tahun PNS yang pensiun sekitar 200 orang. Jadi dua tahun kita usulkan 400 orang,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram Baiq Nelly Kusumawati, Selasa (4/8).

Masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) mendapatkan alokasi formasi yang berbeda-beda. Tergantung kebutuhan pegawai di masing-masing instansi. “Tetap yang paling banyak itu guru dan tenaga kesehatan,” tutur Nelly.

Diungkapkan, pengangkatan CPNS tidak sesuai rencana awal. Pada 2020 harusnya ada seleksi CPNS dengan kuota 200 orang. Namun pada realitanya tahun ini tidak ada penerimaan CPNS karena mewabahnya Covid-19.

Usulan CPNS Kota Mataram sudah dikirim ke pemerintah pusat. “Selain guru dan tenaga kesehatan, ada 40 tenaga teknis yang kita usulkan,” tutur Nelly. (jay/r3)