Lokasi Tes SKB CPNS Subulussalam, Digelar 16 September

SKB ini akan diikuti 482 peserta CPNS Kota Subulussalam. Ujian berlangsung selama satu hari dengan system CAT online.Tes SKB CPNS Subulussalam Digelar 16 September, Ini Lokasinya
ASMARDIN, SH MH, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Subulussalam. 

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Subulussalam telah menetapkan jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yakni 16 September bulan depan.
Demikian disampaikan Plt Kepala BKPSDM Kota Subulussalam, Asmardin, SH MH , Kamis (20/8/2020).
Menurut Asmardin, SKB ini akan diikuti 482 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Subulussalam. Ujian berlangsung selama satu hari dengan system CAT online.
Kemudian 194 peserta dilaporkan memilih lokasi tes di luar Kota Subulussalam. lokasi tes SKB tersebar di sejumlah lokasi seperti Medan, Batam, Padang dan Banda Aceh.
Dijelaskan, sebanyak 288 dari 482  akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Gedung Serbaguna Pendopo Wali Kota setempat.
Adapun lokasi yang dipilih para peserta CPNS Subulussalam luar daerah yakni BKN pusat 3 orang dan Kanreg II Bandung 1 orang.
Lalu Kanreg VI medan 70 orang, Kanreg XIII Banda Aceh 117 orang, UPT BKN Batam 1 orang serta UPT BKN padang 2 orang
Sementara Kamis 17 September, Gedung Serbaguna Pendopo Wali Kota Subulussalam juga digunakan menjadi lokasi SKB peserta dari Aceh Singkil.
 “Kita Subulussalam SKB tanggal 16 September, besoknya tanggal 17 September peserta Aceh Singkil, ujiannya di Gedung Serbaguna Pendopo Wali Kota Subulussalam juga,” kata Asmardin
Kegiatan SKB akan mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Peserta diwajibkan mengenakan masker, cuci tangan dan jaga jarak.
Panitia, lanjut Asmardin siap melaksanakan ujian SKB sesuai ketentuan yang berlaku. Sementara peserta lainnya mengikuti SKB di enam lokasi yang ditunjuk BKN pusat.

Asmardin menjelaskan para peserta yang memilih lokasi tes SKB di luar Kota Subulussalam tersebar di sejumlah daerah.
Mereka adalah  pelamar dari luar Kota Subulussalam yang memilih lokasi yang dekat dengan domisilinya.
Hal ini meman dibenarkan karena situasi Covid-19, guna memutus rantai penyebaran wabah tersebut dan mendukung protokol kesehatan.
Secara rinci disampaikan jumlah peserta dan lokasi domilisi SKB tes CPNS 2019. Dikatakan, peserta yang mendaftar di BKN pusat ada 3 orang.
Lalu di Kantor Regional II atau Kanreg II Bandung satu orang . selanjutnya di Kanreg 6 Medan yang semula ada sebanyak 72 peserta kini tinggal 70 orang.
Diperkirakan dua orang yang awalnya endaftar tes di Kanreg 6 Medan berubah ke Kota Subulussalam di Aula Pendopo Wali Kota.
Hal ini memang dibenarkan, peserta dapat memilih lokasi domisili sebelum masa pendaftaran berakhir.
Seterusnya di Kanreg XIII Aceh sebanyak 117 orang dan UPT BKN Batam satu peserta. Kemudian di UPT Padang dua orang peserta CPNS memilih lokasi SKB.
Terkait dengan hal tersebut, Asmardin menjelaskan SKB tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2019 digelar dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Ditambahkan, para peserta akan diwajibkan mengenakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak.
Untuk di ruang ujian, Sekretaris Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam ini mengatakan  secara teknis memang sudah diatur jarak antara peserta.
Selain masker dan mencuci tangan, para peserta luar Kota Subulussalam seperti dari Sumatera Utara atau lainnya juga diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan gugus tugas.
Nantinya, BKPSDM akan berkoordinasi dengan gugus tugas Covid-19 terkait peserta CPNS asal luar daerah yang akan ujian di Subulussalam.
Dikatakan, jika memang harus melengkapi surat keterangan sehat (rapid test) maka itu wajib dipenuhi peserta.

Dia mengakui para peserta dapat memilih lokasi ujian yang terdekat. Jadi, bisa saja para peserta akan mengikuti ujian SKB di daerahnya.
“Tapi kalau memang ada peserta yang masuk ke Subulussalam dari luar daerah ini tentunya kewenanganan tim gugus,” terang Asmardin seraya menambahkan  pelakasanaan SKB akan berlangsung selama dua hari di daerah ini.
Lebih jauh disampaikan untuk Kota Subulussalam akan melaksanakan ujian SKB di daerah ini tepatnya Aula Pendopo Wali Kota Subulussalam Jln Prof Ali Hasimy.
Sejatinya, kata mantan Kabag Hukum Setdako Subulussalam tiga kabupaten/kota yakni Subulussalam, Aceh Singkil dan Aceh Selatan menggelar SKB di satu lokasi.
Namun Aceh Selatan menggelar SKB di Tapaktuan secara tersendiri. Subulussalam telah meminta bergabung namun tidak diizinkan karena alasan situasi Covid-19 sehingga menghindari kerumuman lebih banyak.
Sementara Aceh Singkil, kata Asmardin sudah mengkonfirmasi ke Subulussalam untuk bergabung tes SKB di sana. Sebab, jumlah peserta CPNS yang memenuhi syarat ikut SKB hanya sekitar 184 orang.
Sedangkan di Kota Subulussalam ada sebanyak 482 orang peserta CPNS yang akan mengikuti ujian SKB. Karenanya, untuk Subulussalam akan berlangsung dua hari pelaksanaan SKB.
“Kalau misalkan Aceh Singkil memang bergabung dengan Subulussalam nanti waktunya menjadi tiga hari,” ujar Asmardin.(*)
Aceh Tribun