Peserta Tes SKB CPNS Bisa Pilih Lokasi Ujian Sesuai Domisili

Di Tengah Pandemi,
Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Balikpapan akan kembali dilaksanakan. Setelah sempat tertunda akibat pandemi VDi Tengah Pandemi, Peserta Tes SKB CPNS Bisa Pilih Lokasi Ujian Sesuai Domisili Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Balikpapan, Robi Ruswanto mengatakan, dalam daftar ulang peserta CPNS diwajibkan untuk memilih lokasi pelaksanaan tes.&nbsp Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Balikpapan akan kembali dilaksanakan.
Setelah sempat tertunda akibat pandemi Virus Corona ( covid-19 ), pemerintah berencana melanjutkan seleksi untuk formasi Tahun 2019 pada 1 September 2020 mendatang.
Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait tahapan pelaksanaan seleksi CPNS, peserta seleksi CPNS pun diminta untuk melakukan pendaftaran ulang yang dimulai tanggal 1 hingga 7 Agustus 2020.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BKPSDM Balikpapan Robi Ruswanto mengatakan, dalam daftar ulang peserta diwajibkan untuk memilih lokasi pelaksanaan tes.
"Kita sudah rapat nasional dengan BKN membahas persiapan ini. Jadi memang agak beda. Persiapan kita sampai saat ini masih mendeteksi lokasi tes peserta," ucapnya, Senin (3/8/2020).
Dalam proses pendaftaran ulang, peserta seleksi ini dapat melakukannya melalui laman https://sscn.bkn.go.

Peserta yang berasal dari luar daerah akan dipilih untuk mengikuti pelaksanaan tes SKB di daerahnya.
Robi menjelaskan, yang perlu dilakukan adalah mengantisipasi peserta dari luar karena pelaksanaan CPNS ini secara nasional.
Hal itu dilakukan untuk mengurangi adanya pergerakan orang yang dapat berpotensi menimbulkan ancaman penyebaran Virus Corona.
“Kita koordinasikan bahwa peserta dari luar daerah akan memilih untuk tes dimana dia tinggal untuk mengantisipasi banyak pergerakan,” tuturnya.
Selain itu, dalam pelaksanaan tes SKB nanti pihaknya juga akan menyiapkan ruang khusus bagi peserta CPNS.
Peserta yang hadir akan terlebih dahulu ditempatkan di ruang khusus. Ini untuk memastikan kondisi kesehatan, di antaranya dengan memeriksa suhu tubuh sebelum memasuki ruang tes.
“Nanti kita akan menyiapkan ruang khusus. Jadi ketika ada peserta yang datang akan diperiksa terlebih dahulu. Harapan kita semua peserta yang mengikuti tes dalam kondisi sehat,” tuturnya.

Robi menambahkan, total peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti SKB CPNS Kota Balikpapan tercatat mencapai 605 orang.
Namun, pihaknya belum bisa menyebutkan berapa peserta yang akan mengikuti seleksi di Kota Balikpapan, karena masih akan dipilah berdasarkan domisili.
“Jadi bisa saja sekitar 250 calon pegawai negeri sipil yang dinyatakan lulus nanti tidak semua tes di Balikpapan, mereka bisa memilih, ini yang kebetulan memang agak beda,” ujarnya. (*)
Kaltim Trbn