46 Peserta CPNS Kabupaten Kudus Miliki Serdik setelah diVerifikasi dan Validasi

editor : Ali Mustofa REKRUTMEN: Peserta CPNS Pemkab Kudus saat mengikuti SKB di Universitas Sebelas Maret belum lama ini.

REKRUTMEN: Peserta CPNS Pemkab Kudus saat mengikuti SKB di Universitas Sebelas Maret belum lama ini. (DISKOMINFO KUDUS FOR RADAR KUDUS)

Sebanyak 46 peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemkab Kudus memiliki sertifikat pendidik (serdik) yang telah lolos verifikasi validasi (Verval). Dengan serdik itu, puluhan peserta tersebut memiliki nilai lebih.

Kasubid Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kudus Hendro Muswinda mengatakan peserta yang memiliki serdik ini akan cukup membantu dalam perolehan nilai. Sebab, serdik memiliki bobot nilai tinggi dalam tahapan seleksi CPNS. Jika peserta yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKB) dan punya serdik, otomatis mendapat nilai penuh dalam tahap seleksi kompetensi bidang (SKB).

”Kami sudah melaporkan hasil verval ke BKN. Sebagai bahan untuk integrasi nilai akhir peserta. Pada dasarnya, peserta yang memiliki serdik mendapat nilai penuh di SKB. Tapi sementara ini belum bisa dilihat. Baru nanti setelah hasil integrasi keluar bisa diketahui by name nya,” jelasnya.

Saat ini ujian SKB masih berlangsung. Diketahui, SKB CPNS Pemkab Kudus digelar selama 3 hari di Universitas Sebelas Maret Solo. Mulai 14-16 September 2020. Ada 921 peserta yang akan mengikuti tes di sana.

Sementara untuk 49 peserta yang memilih ujian di luar lokasi tersebut, jadwalnya menyesuaikan dengan jadwal di masing-masing lokasi. Mulai 3-27 September 2020. Pelaksanaan SKB CPNS Pemkab Kudus yang dilaksanakan di Bandung baru dilaksanakan kemarin. Sedangkan yang dilaksanakan di Jogjakarta digelar besok.

”Untuk yang di Solo hasilnya sudah kami umumkan,” ujarnya.

Dalam CPNS 2019 Pemerintah Kabupaten Kudus membuka 382 fomasi. Terdiri dari formasi cumlaude sebanyak 18 kuota, formasi disabilitas sebanyak 9 kuota, dan formasi umum sebanyak 355 kuota. Dari 7.689 pelamar yang lolos seleksi administrasi, hanya 7.677 orang yang ikut SKD.

(ks/daf/mal/top/JPR)