Live Score Pusmenjar Kemdikbud Tak Bisa Diakses saat Tes SKB CPNS, Peserta: Nilai Sempat Berbeda

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud) telah menggelar Tes SKB seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2019, bulan September 2020.
Live Score Pusmenjar Kemdikbud Tak Bisa Diakses saat Tes SKB CPNS, Peserta: Nilai Sempat BerbedaIlustrasi seleksi CPNS.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud) telah menggelar Tes SKB seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2019, bulan September 2020.

Namun, saat pelaksanaan Tes SKB CPNS 2019, para peserta tidak dapat melihat hasil live score-nya meski mendapatkan nilai di layar komputer usai mengerjakan soal Tes SKB yang memakai sistem Computer Based Test (CBT).

Kemdikbud menggelar Tes SKB CPNS secara mandiri memakai sistem CBT dan tidak menginduk ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang memakai sistem Computer Assisted Test (CAT).

Untuk sistem CAT yang digelar BKN, skor seluruh peserta bisa langsung terpampang dan dapat disaksikan langsung di akun YouTube milik BKN.

Sebelumnya, Kemdikbud juga akan menggelar live score melalui situs Pusat Asesmen dan Pembelajaran ( Pusmenjar) Kemdikbud.

Namun, saat hari H pelaksanaan Tes SKB CPNS, Selasa (30/9/2020) bahkan hingga hari ini, situs aman.pusmenjar.go.id/#/score masih eror atau tidak bisa diakses.

Meski sebelumnya sempat diakses beberapa saat sebelum akhirnya eror hingga sekarang.

Sejumlah peserta juga sempat mempertanyakan skor yang mereka dapatkan di layar komputer berbeda dari live score di Pusmenjar.

Menanggapi hal tersebut Biro SDM Kemdikbud menyebut acuan tetap memakai nilai yang terpampang di Kemdikbud.

Tes SKB CPNS
Tes SKB CPNS (ISTIMEWA)

Sebelumnya, laman CPNS Kemdikbud juga sempat mengalami masalah dan tak bisa diakses menjelang pelaksanaan Tes SKB.

Kemdikbud melaksanakan tes wawancara tanggal 22 hingga 23 September 2020, lalu tes CBT di seluruh Indonesia dilaksanakan tanggal 29-30 September 2020, sedangkan untuk peserta di luar negeri telah digelar tanggal 8 sampai 9 September 2020.

Perbedaan skor

Sebelumnya, beberapa warganet mentwitkan keluhan mereka terkait perbedaan nilai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 yang ada di live score dengan aslinya.

Salah satu akun media sosial Twitter @machb92 misalnya, yang menanyakan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait hal itu.

"Min @BKNgoid kenapa nilai hasil SKB sama yg live d youtube beda ya? Terutama yg tes d kenreg 3 bandung," tulis akun Twitter @machb92.

Ia mengunggah pertanyaan tersebut pada Selasa (8/9/2020) sekitar pukul 22.11 WIB.

Selain itu, akun Twitter lain yang juga menanyakan hal tersebut adalah @mbuunbear.

Dengan narasi kurang lebih serupa, pemilik akun Twitter itu menanyakan mengapa hasil SKB CPNS 2019 di live scoring berbeda dengan hasil aslinya.

"Min gimana kalau hasil live scoring beda sama postingan UPT BKN?," tulis akun Twitter @mbuunbear.

Penjelasan BKN

Saat dimintai penjelasan, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono, menyebut hal itu terjadi karena terdapat keterlambatan penayangan nilai pada live scoring SKB.

Kendati demikian, Paryono memastikan nilai SKB masing-masing peserta akan tetap sesuai dengan yang ada di layar komputer peserta setelah menyelesaikan tes.

"BKN memastikan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan SKB CPNS Formasi Tahun 2019 tetap berjalan," ujar Paryono kepada Kompas.com, Rabu (9/9/2020).

Adanya keterlambatan tayang nilai pada live scoring SKB di sejumlah titik lokasi, dikarenakan penambahan fitur keamanan data.

"BKN menggunakan penambahan fitur keamanan data yang menyebabkan terjadi proses enskripsi data sebelum nilai ditayangkan," imbuh Paryono.

Proses enskripsi data tersebut menyebabkan hasil nilai pada live scoring tampak berbeda dengan nilai akhir yang sebelumnya muncul di masing-masing layar komputer peserta SKB di sejumlah titik lokasi.

Namun dapat dipastikan, untuk nilai SKB peserta yang diambil sebagai perhitungan akhir kelulusan seleksi CPNS tetap mengacu nilai akhir peserta yang terekam di database CAT BKN.

"Untuk mengantisipasi terulangnya keterlambatan tersebut, BKN sudah melakukan upgrade sistem agar tayangan nilai pada live streaming score sesuai dengan yang tampak pada layar komputer masing-masing peserta," jelas Paryono.

Sebagai tambahan informasi, total peserta SKB CPNS Formasi Tahun 2019 yang mengikuti seleksi berbasis CAT BKN hingga Senin, 7 September Pukul 10.30 WIB berjumlah 182.344 yang berasal dari total 499 Instansi Pusat dan Instansi Daerah.