Panitia CPNS Pemkot Makassar Siapkan Ruang Khusus bagi Peserta Diatas Suhu Tubuh 37°

Kepala Bidang Perencanaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDM Makassar, Kadir Masri mengatakan, dalam pelaksanaan SKB ini, panitia siap mematuhi protokol
Peserta Diatas Suhu Tubuh 37°, Panitia CPNS Pemkot Makassar Siapkan Ruang KhususSeleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Formasi 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidrap mulai digelar, Selasa (22/9/2020)  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Makassar, menjadwalkan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 Kota Makassar digelar 10-11 Oktober 2020 mendatang.

Kepala Bidang Perencanaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDM Makassar, Kadir Masri mengatakan, dalam pelaksanaan SKB ini, panitia siap mematuhi protokol kesehatan.

Kursi setiap peserta akan diberi jarak masing-masing dua meter. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penularan virus Corona yang saat ini melanda Makassar.

"Jadi kalau dulu per sesinya kita siapkan 700 per sesi sekarang hanya 217. Jadi ini sebagai upaya agar social distance (protokol kesehatan) berjalan di pelaksanaan SKB yang kami gelar," ujar Kadir.

Ia menyebutkan, hal lain dari SKB ini yakni adanya ruang khusus bagi peserta yang memiliki suhu tubuh diatas normal.

"Sebelum masuk ruang tes, mereka akan kita cek suhu tubuh. Kalau suhunya diatas 37 derajat Celcius kita berikan ruang khusus. Kalau diatas 37 itu artinya peserta sudah demam," katanya.

Pelaksanaan SKB akan berlangsung di Gedung Olahraga Unhas. GOR ini diakui bisa menampung 1.000 orang sekaligus.

"Dengan formasi 217 per sesi, itu juga dapat mencegah terjadinya kontak langsung antar peserta di tengah wabah virus Corona yang melanda," tambahnya.

 Instal Perangkat

Adapun persiapan saat ini, panitia sedang melakukan koordinasi dengan pihak Unhas untuk pemasangan instalasi komputer.

"Nanti pada tanggal 7 Oktober atau H-3 akan dirampungkan instalasi perangkatnya," kata Kadir.

BKPSDMD Makassar lanjut Kadir, juga akan meminta persetujuan dari tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Makassar.

"Kami sudah bersurat, namun belum terkonfirmasi sejauh ini. Tetapi, selama mematuhi protokol kesehatan tentu mendapat izin. Apalagi, Unhas juga sangat peduli dengan protokol kesehatan," ujarnya

SKB akan diiikuti sebanyak 1.346 peserta yang dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebelumnya.

Kendati demikian, ada 44 orang dari total 1.346 peserta yang memilih mengikuti SKB di luar Kota Makassar.

Dari data yang masuk di BKPSDMD Makassar, peserta seleksi CPNS Pemkot Makassar akan ikut di sejumlah wilayah, seperti di Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Jakarta, Balikpapan, hingga Ambon.

Laporan wartawan Tribun Timur, Saldy