SKB CPNS Kabupaten Berau Selesai, Pengumuman Paling Lambat Awal November

Tahapan SKB Rampung, BKPP Berau Targetkan Pengumuman CPNS Paling Lambat Awal November

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau, Muhammad Said mengatakan, seluruh tahapan untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sudah
Tahapan SKB Rampung, BKPP Berau Targetkan Pengumuman CPNS Paling Lambat Awal NovemberKepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau Muhammad Said mengatakan, seluruh tahapan untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sudah selesai dan prosesnya memasuki tahap rekonsiliasi data, Rabu (30/9/2020).  Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau, Muhammad Said mengatakan, seluruh tahapan untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sudah selesai dan prosesnya memasuki tahap rekonsiliasi data, Rabu (30/9/2020).

"Jadi kami masih menunggu data-data yang masuk dari beberapa UPT BKN karena ada beberapa peserta SKB mengikuti tes di luar," kata Muhammad Said.

"Contoh saja yang ikut di UPT BKN regional 8 di Tarakan itu ada 20 orang, kemudian UPT BKN Serang 1 orang, Denpasar 1 orang, kemudian Makassar 1 orang, setelah data itu terhimpun kemudian seluruh tahapan dari pelaksanaan tes ini sudah selesai, maka selanjutnya akan dilakukan rekonsiliasi data oleh BKN Pusat," tuturnya.

Menurut Said, rekonsiliasi data tersebut untuk menyamakan data yang masuk bukan hanya di Kabupaten Berau tapi seluruh kementerian, kabupaten, kota dan provinsi.

Alumni Universitas Hasanuddin Makassar itu mengatakan, setelah rekonsiliasi data rampung maka masing-masing BKPP akan diundang untuk menandatangani berita acara rekonsiliasi data.

"Setelah itu tahapan kemudian dilanjutkan dengan pengumuman siapa yang lulus untuk menjadi CPNS setelah itu proses selanjutnya tahap pemberkasan," ujarnya.

Setelah tahap pemberkasan selesai, lanjut Said, maka masing-masing CPNS yang dinyatakan lulus akan muncul NIP lalu dibuatkan SK penempatan.

"Kalau melihat tahapan untuk tahap rekonsiliasi data ini diperkirakan akhir bulan Oktober atau di awal November baru selesai tahap rekonsiliasi data," katanya.

Diakui Muhammad Said, pandemi Virus Corona ( covid-19 ) yang mewabah cukup berdampak terhadap pelaksanaan seleksi CPNS, pasalnya tes SKB direncanakan Maret lalu namun baru dilaksanakan di September akibat pandemi.

"Sehingga seluruh tahapan itu tertunda, tapi dengan sistem yang baru sekarang sistem SKB secara online sudah tidak ada kendala dan Insya Allah akhir tahun ini para CPNS yang dinyatakan lulus sudah mendapat kepastian kemudian penempatannya," ucapnya.

"Untuk nama-nama yang lulus seleksi CPNS ini diperkirakan diumumkan sekitar akhir bulan Oktober ini atau awal November," katanya.

Pelaksanaan SKB CPNS Berau sendiri diikuti 361 peserta, tes yang dilaksanakan sejak tanggal 13 hingga 16 September itu terdapat dua peserta yang tidak ikut sehingga dapat dipastikan dua orang tersebut otomatis gugur. (TribunKaltim/Ikbal Nurkarim)