SKB Kesamaptaan CPNS & Catar Poltekip/Poltekim Kemenkumham di Lhong Raya

Tes Fisik yang Diuji

"Peserta juga kami ingatkan agar agar tidak percaya kepada calo, kelulusan peserta CPNS ini sesuai hasil usaha dan kemampuan masing-masing,"

SKB Kesamaptaan CPNS & Catar Poltekip/Poltekim Kemenkumham di Lhong Raya, Ini Tes Fisik yang DiujiKakanwil Kemenkumham Aceh, Zulkifli SH MH (baju putih) meninjau persiapan SKB Kesamaptaan CPNS dan Catar Poltekip/Poltekim Kemenkumham di Stadion Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu (27/9/2020) 
"Peserta juga kami ingatkan agar agar tidak percaya kepada calo, kelulusan peserta CPNS ini sesuai hasil usaha dan kemampuan masing-masing," kata Kakanwil Kemenkumham Aceh, Zulkifli SH MH.

Laporan Mursal Ismail | Banda Aceh

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi peserta CPNS Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimgirasian di lingkungan Kanwil Kemenkumham Aceh akan dilaksanakan. 

Seleksi yang sama juga diikuti Calon Taruna Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) Kemenkumham.

Seleksi ini akan dilaksanakan di Stadion Harapan Bangsa atau juga dikenal Stadion Lhong Raya, Banda Aceh mulai lusa, Selasa, 29 September 2020 hingga Kamis, 1 Oktober 2020.

Peserta diingatkan agar datang tepat waktu sesuai jadwal masing-masing, membawa nomor ujian, KTP asli, dan pulpen. 

"Peserta juga kami ingatkan agar agar tidak percaya kepada calo, kelulusan peserta CPNS ini sesuai hasil usaha  dan kemampuan masing-masing," kata Kakanwil Kemenkumham Aceh, Zulkifli SH MH. 

Hal ini sebagaimana dikutip panitia dalam siaran pers , Minggu (27/9/2020). 

Dalam siaran pers ini juga disebutkan bahwa Kakanwil Kemenkumham Aceh, Zulkifli juga ikut meninjau persiapan SKB ini di Stadion Lhong Raya, Banda Aceh, tadi Minggu (27/9/2020). 

Di antara persiapan itu, panitia telah melakukan gladi dan simulasi tes, termasuk menyiapkan dan memasang sarana yang dibutuhkan.

Saat peninjauan itu, Zulkifli mengingatkan panitia menjaga protokol kesehatan, sungguh-sungguh, dan disiplin. 

"Yang terpenting lagi  menjaga integritas serta tidak menjanjikan kelulusan kepada peserta, apalagi jika ada yang melakukan pungli akan diberikan sanksi tegas," kata Zulkifli. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Rudi Hartono, SH, MSi, juga memberikan semangat kepada panitia. 

Selain itu, juga mengingatkan panitia untuk menjaga kesehatan.

"Kemudian dalam pelaksanaan tes agar menerapkan protokol kesehatan, sehingga terhindar dari terpaparnya Covid-19," kata Rudi Hartono mengingatkan.

Jumlah peserta dan tes fisik bakal diuji

Sementara itu, panitia juga menyebutkan peserta yang akan mengikuti tes kesamaptaan ini 292 orang. 

Rinciannya peserta CPNS Penjaga Tahanan, 213 laki-laki dan 24 perempuan. 

Kemudian peserta CPNS Pemeriksa Keimigrasian, 39 laki-laki dan tiga perempuan. 

Selanjutnya calon taruna hanya 13 laki-laki tanpa perempuan. 

Adapun Stadion Lhong Raya dipilih sebagai tempat SKB Kesamaptaan ini karena memiliki fasilitas dibutuhkan, seperti trek lari 400 meter, tiang gawang untuk pull up, dan fasilitas lainnya.

Selama masa pandemi Covid-19 memang Stadion ini tertutup untuk umum.

Namun sesuai aturan, kegiatan pemerintahan dengan jumlah peserta yang terbatas dan menerapkan protokol kesehatan, tetap dapat dipergunakan di stadion tersebut. 

Jenis tes kesamaptaan yang digunakan yaitu Kesamaptaan A dan Kesamaptaan B.

Tes Kesamaptaan A berupa lari mengelilingi lapangan sepak bola sepanjang 400 meter selama 12 menit bagi laki-laki dan 14 menit bagi perempuan.

Setelah tes lari, peserta istirahat 10 menit dan dilanjutkan dengan tes Kesamaptaan B, yaitu pull up selama 1 menit, sit up 1 menit, push up/chinning 1 menit dan shuttle run (lari membentuk angka 8) 1 menit.

Waktu istirahat dari tes Kesamaptaan A ke B masing-masing peserta hanya lima menit. (*)Aceh Tribun