Lantaran dirinya meminta izin untuk meninggalkan klub. Penyerang berusia 31 tahun itu berdalih akan mengikut tes Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) di kampung halamannya, Papua.

"Sebenarnya Titus Bonai ke Papua untuk tes CPNS. Dan sebenarnya, kami di sini tidak yakin ada tes CPNS di masa pandemi Corona seperti ini," ujar Nabil.

>Nyatanya, fakta di lapangan justru berbeda. Setelah mengundurkan diri dari Borneo FC dengan alasan seperti itu, Titus Bonai malah nongol di sesi latihan kontestan Liga 2 2020, Muba Babel United.

Sebelum mengungkapkan keinginan untuk seleksi CPNS, Nabil telah mencium tanda-tanda Titus Bonai akan berpaling dari Borneo FC.

Benar saja, mantan pemain Persipura Jayapura ini diam-diam melakukan pembicaraan dengan pelatih Muba, Bambang Nurdiansyah.

Nabil menuding Bambang tidak profesional dan tidak beretika karena membajak Titus Bonai dari Borneo FC melalui jalur belakang.

Sebelum itu, saya sudah dapat kabar bahwa pelatih Muba, Bambang Nurdiansyah secara diam-diam menghubungi Titus Bonai," tutur Nabil.

"Entah apa yang dibahas. Tapi ini sebenarnya sudah melanggar profesionalitas. Dan buat saya, pelatih Muba tidak ada etika jika benar mengajak Titus Bonai tanpa ada pembicaraan antarklub lebih dulu," jelasnya.

Nabil menganggap, dengan perilaku Titus Bonai seperti ini, hatinya bukan lagi untuk Borneo FC.

Sehingga, tim berjulukan Pesut Etam ini akan membiarkannya bermain untuk Muba.

Penyerang Borneo FC, Titus Bonai ( tengah )
Penyerang Borneo FC, Titus Bonai ( tengah ) (Instagram / @borneofc.id)

"Mengenai statusnya, sekarang kami tidak ingin menahan-nahan Titus Bonai yang sudah tidak fokus di Borneo FC. Kami akan pinjamkan ke Muba," terang Nabil Husen.

Ada cerita menarik pula ketika Titus Bonai bergabung dengan Borneo FC pada awal musim ini.

Mulanya, ia telah bersepakat dengan Bhayangkara FC. Namun, mantan striker Timnas Indonesia U-23 itu membatalkannnya demi memperkuat tim Pesut Etam Borneo FC.

2 Pemain Baru Tim Pesut Etam

Berita sebelumnya. Borneo FC telah memperkenalkan 3 pemain barunya, Rabu (9/9/2020).

Dua di antaranya merupakan berasal dari Elite Pro Academy Borneo FC U-20, yaitu Alvin Dero Duaramuri berposisi full back kiri dan satunya Pualam Bahari berposisi kiper.

Keduanya dikabarkan dikontrak oleh tim Pesut Etam selama 5 tahun.

Alvin Dero Duaramuri mengaku merasa sangat senang karena sudah bisa bergabung ke dalam tim kebanggaan Kota Samarinda.

"Alhamdulillah saya bisa masuk Tim Borneo FC ini, saya sangat senang dan sangat bangga bisa masuk ke tim Borneo FC ini," ucapnya saat diwawancarai melalui Humas Borneo FC, Rabu (9/9/2020).

Ia mengaku tak mau memikirkan tentang kicauan yang lain. Untuk saat sekarang, ia lebih berfokus dengan tim yang memang disenanginya itu. "Untuk saat ini fokus ke Borneo FC saja dulu," ujarnya.

Senada dengan rekannya, Pualam Bahari juga merasakan kesenangan yang sama, bahkan diakuinya ini suatu kebanggaan.

"Yang pertama saya sangat bangga bisa bergabung dengan tim senior Borneo FC," ucapnya.

Dia mengatakan, bersama dengan Borneo FC, merupakan kontrak profesional pertamanya.

"Terima kasih untuk Borneo FC dan ke depannya semoga bisa memberikan yang terbaik untuk Borneo FC," tuturnya.