UPNVY Selenggarakan SKB CPNS Kemendikbud bagi 47 Peserta

SKB CPNS Kemendikbud tahun ajaran 2019 merupakan kegiatan kementerian, namun UPNVY didaulat untuk berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini.

UPNVY Selenggarakan SKB CPNS Kemendikbud bagi 47 PesertaPelaksanaan SKB CPNS Kemendikbud Tahun Ajaran 2019 di UPNVY Kampus Babarsari, Selasa (29/9/2020). 

Sebanyak 47 peserta seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengikuti tes SKB di UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY), Selasa (29/9/2020).

Ketua Panitia Pelaksana SKB CPNS Kemendikbud tahun ajaran 2019 di UPNVY, Susanta mengatakan semula calon peserta berjumlah 48 orang, namun satu orang berpindah lokasi tes ke Gorontalo.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UPNVY ini mengatakan SKB CPNS Kemendikbud tahun ajaran 2019 merupakan kegiatan kementerian, namun pihaknya didaulat untuk berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini.

"Untuk menghindari penyebaran Covid-19, mereka (kementerian) meminta peserta melakukan tes di lokasi setempat. Peserta yang berada di DIY dan mungkin saja mendaftar di tempat lain kami fasilitasi di sini," ujar Susanta saat ditemui di UPNVY Kampus Babarsari yang merupakan lokasi pelaksanaan SKB, Selasa (29/9/2020).

Susanta menjelaskan, SKB CPNS Kemendikbud tahun ajaran 2019 di UPNVY dilaksanakan selama satu hari.

Namun, jika ada peserta yang berhalangan hadir karena urusan mendesak masih diperkenankan mengikuti pada keesokan harinya, Rabu (30/9/2020).

Adapun ujian dilaksanakan selama pukul 08.30-11.40 WIB di ruang laboratorium komputer UPNVY Kampus Babarsari.

Para peserta dibagi ke dalam 4 ruangan.

"Terkait penerapan protokol kesehatan kami juga berkoordinasi dengan dokter di poliklinik kami. Para peserta harus menggunakan masker medis selama ujian dan tidak boleh dilepas sama sekali. Kami menyediakan bagi yang tidak membawa masker medis, selain itu kami juga sediakan face shield," tuturnya.

Susanta menambahkan, pihaknya juga melakukan sterilisasi ruangan SKB sebelum dan setelah digunakan.

Para peserta juga diberikan arahan oleh dokter sebelum memasuki ruangan terkait protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Panitia Pelaksana SKB CPNS Kemendikbud tahun ajaran 2019 di UPNVY, Sukisman mengatakan para peserta yang mengikuti tes pada hari ini merupakan peserta dari formasi dosen lektor dan asisten ahli.

"Untuk lektor lulusan S-3, asisten ahli S-2. Sebagian besar alamatnya di DIY, meski juga ada sebagian dari Klaten, dan sekitarnya," ungkap Sukisman.

Sementara itu, Rektor UPNVY, Dr Mohamad Irhas Effendi ikut memantau jalannya SKB CPNS Kemendikbud tahun ajaran 2019 di UPNVY.

"Kami PTN-PTN (perguruan tinggi negeri) di DIY diminta untuk menyelenggarakan SKB. Diutamakan yang ikut di DIY adalah mereka yang berasal dari DIY. Pemilihan lokasi tes itu diharapkan yang terdekat. Ada empat kampus yang melaksanakan, yaitu UGM, UNY, UPN, dan ISI," bebernya. (TRIBUNJOGJA)