883 Peserta CPNS Kota Malang Jalani Tes SKB

Ilustrasi pelaksanaan tes CPNS (Humas Pemprov Jatim / istimewa)
Sebanyak 883 Peserta CPNS Pemkot Malang Jalani Tes SKB Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemkot Malang kini memasuki tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tahapan SKB sendiri telah digelar sejak Jumat 9 Oktober 2020 hingga rencananya selesai pada Senin 12 Oktober 2020.

Ketua Pelaksana Seleksi CPNS Kota Malang Wasto mengatakan, pelaksanaan tahapan SKB kali ini difokuskan di Laboratorium CAT Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKDSDM) Kabupaten Malang di kawasan Pendopo Agung Kabupaten Malang.

"Proses tes yang menggunakan Laboratorium CAT BKPSDM di Kabupaten Malang di laksanakan secara transparan sehingga para calon peserta dan keluarga mengetahui hasil akhir tes tersebut," ucap Wasto melalui rilis yang diterima pada Sabtu (10/10/2020).

Tercatat ada 883 peserta lanjut pria yang juga Sekda Kota Malang, mengikuti tahapan SKB di laboratorium CAT BKDSDM Kabupaten Malang ini. Demi penerapan protokol kesehatan Covid-19, panitia membagi seleksi menjadi empat hari.

"Kami bagi pelaksanaannya mulai jumat 9 Oktober hingga senin 12 Oktober 2020, tes diikuti oleh 883 peserta dengan memperebutkan formasi Tahun 2019 sebanyak 335," terang Wasto.

Perlu diketahui, setiap tahunnya, di Kota Malang tercatat 300 sampai 400 orang ASN yang pensiun. Rinciannya, pada tahun 2019 lalu, ada 388 ASN yang pensiun. Sementara, tahun 2020, ada 423 ASN yang tercatat pensiun.

"Badan Kepegawaian Daerah dan SDM (BKDSDM) Kota Malang terus berkoordinasi dengan Kementrian terkait dan Pemprov Jatim" tambahnya

Kebutuhan ASN masih didominasi untuk memenuhi kebutuhan guru ASN yakni dibutuhkan sebanyak 148 formasi, posisi tenaga kesehatan yang dibutuhkan sebanyak 101 formasi dan terakhir tenaga teknis, dibutuhkan hingga 86 formasi

"Saya berharap tes yang di laksanakan dengan transparan ini, akan mampu mencetak ASN yang berkualitas bagi Pemkot Malang," tutupnya. (nes)