CPNS tak Lulus Berpeluang Isi Kekosongan Formasi Asalkan Memenuhi Syarat...

 Asal Memenuhi Ini, Pengumuman 30 Oktober

Artinya, formasi yang kosong akan terisi secara aplikasi karena ada yang lulus SKD.

Kabar Gembira, CPNS tak Lulus Berpeluang Isi Kekosongan, Asal Memenuhi Ini, Pengumuman 30 OktoberKetua BKPSDM Abdya, drh Hj Cut Hasnah Nur, menjabat Ketua Panselda CPNS Abdya, didampingi Sekretaris BKPSDM, Rahmad Sumedi SE dan Kabid Pembinaan dan Pengembangan, Pusmeri Surtina SKM, memberi keterangan pers tentang SKD CPNS, Senin (27/1/2020). 
Artinya, formasi yang kosong akan terisi secara aplikasi karena ada yang lulus SKD.

Laporan Zainun Yusuf| Aceh Barat Daya

Pengumuman peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dijadwalkan Jumat, 30 Oktober 2020.

Kemudian usulan penetapan NIP CPNS yang lulus 1-30 November 2020.

Tentu jadwal ini juga berlaku di Abdya yang seleksi tahap terakhir, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) diikuti 315 peserta pada 22-23 September lalu.   

Namun, setelah diumumkan lulus, Pansel (panitia seleksi) CPNS  formasi 2019 membuka kesempatan untuk menyampaikan sanggahan kepada peserta tak lulus selama tiga hari.  

Pemerintah Pusat, dalam hal ini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI memberikan jatah CPNS Lingkup Pemkab Abdya sebanyak 138 orang formasi 2019.

Terbanyak adalah tenaga pendidikan (guru) sejumlah 71 orang, tenaga kesehatan 35 orang, dan tenaga teknis 22 orang. Hal ini berdasarkan Keputusan Menpan RB RI  Nomor 708 Tahun 2019.

Belakangan setelah pelaksanaan SKD, hasilnya diperkirakan formasi sebanyak 138 CPNS tersebut tidak mampu terpenuhi.

Sebab, dari hasil SKD yang diumumkan 23 Meret lalu, tercatat ada sekitar 6  jabatan (12 formasi) tidak ada peserta  yang lulus karena tidak memenuhi passing grade.

Peristiwa ini mengakibatkan 6 jabatan  dengan 12 formasi tersebut tidak ada peserta alias nihil peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang telah dilaksanakan dilaksanakan 22-23 September 2020.   

Dari 6 jabatan dengan 12 formasi CPNS yang kosong peserta SKB, satu formasi diantaranya disebabkan tidak ada peserta yang mendaftar. Yaitu jabatan ahli peñata anestesi kualifikasi pendidikan D-IV/S1 Anestesi pada RSUD Teungku Peukan dengan formasi 3 orang.

Sedangkan 5 jabatan dengan 9 formasi CPNS formasi lainnya terjadi kekosongan peserta SKB dikarenakan tidak ada peserta yang lulus SKD atau tidak ada peserta yang memenuhi ambang batas passing grade.

“Ada peserta yang mendaftar dan mengikuti SKD, tapi hasilnya tak memenuhi passing grade sehingga tak ada peserta yang berhak mengikuti SKB,” kata Rahmad Sumedi juga Sekretaris BKPSDM Abdya.

Lima jabatan dengan 9 formasi yang kosong peserta SKB, dirincikan, jabatan guru bahasa Indonesia 1 formasi, guru penjaskes 4 formasi, pranata komputer (disabilitas) 2 formasi, pamong belajar 1 formasi dan deseign  visual 1 formasi.      

Peserta Tak Lulus SKB Bisa Isi Formasi yang Kosong

Hasil seleksi CPNS formasi 2019 (hasil SKD dan SKB) akan diumumkan pada 30 Oktober. 

Di antara peserta yang tidak lulus, masih punya peluang lulus CPNS karena bisa mengisi formasi yang kosong asalkan harus sama kualifikasi pendidikannya.

Sekretaris BKPSM Abdya, Rahmad Sumedi membenarkan hal itu.

“Peserta yang meraih nilai tertinggi di jabatan lain secara by sistem (aplikasi) mengisi formasi yang kosong asalkan kualifikasi pendidikannya sama,” katanya.

Artinya, formasi yang kosong akan terisi secara aplikasi karena ada yang lulus SKD.

Dari enam jabatan dengan 12 formasi yang kosong karena tidak ada yang lulus SKD, menurut Rahmad Sumedi ada tiga jabatan dengan 7 formasi yang bisa terisi oleh peserta nilai tertinggi di jabatan lain dan sama kualifikasi pendidikannya.

Tujuh formasi yang bisa terisi tersebut masing 1 formasi pada jabatan guru bahasa Indonesia, 4 formasi pada jabatan  guru penjaskes dan  2 formasi pada jabatan pranata komputer (disabilitas).

Sedangkan tiga jabatan lain dengan 5 formasi tidak bisa terisi, satu jabatan di antaranya yaitu penata anatesi dengan 3 formasi memang jelas tak bisa terisi karena tidak ada peserta yang mendaftar sejak awal dibuka pendaftaran.

Dua jabatan lain, yaitu pamong belajar dan deseign visual masing-masing 1 formasi juga tidak akan terisi.

Pasalnya, peserta yang tinggi nilai SKB di jabatan lain, tapi kualifikasi pendidikannya tidak sama sehingga tidak bisa mengisi formasi yang kosong.

Misalnya, kata Rahmad, ada peserta kualifikasi pendidikan matematik meraih nilai terbaik di jabatan lain, tapi tidak bisa mengisi formasi kosong pamong belajar dan formasi design. (*)Aceh Tribun