Data BKN: Dari 336.468 Peserta CPNS, 117 Terpapar Covid-19





CPNS. ©2018 
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mencatat 117 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang positif terpapar virus covid-19 saat mengikuti proses seleksi.

"Ada 117 peserta yang terkonfirmasi Covid-19," kata Bima dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II DPR secara virtual, Senin (5/10).

Bima menyebut, dari total 336.468 peserta CPNS, ada 117 peserta yang terkonfirmasi Covid-19, di mana 97 reaktif dan 59 peserta dengan suhu tubuh di atas 37,3 derajat celcius.

Jumlah tersebut diketahui setelah pihaknya melakukan test virus covid-19, yang mana merupakan salah satu syarat mengikuti tes CPNS lantaran adanya pandemi covid-19.

Syaratnya peserta seleksi dengan hasil pengukuran suhu di atas 37,3 derajat Celcius diberikan tanda khusus dan mengikuti ujian di tempat terpisah (ruangan khusus), dan diawasi dengan petugas yang wajib memakai masker dan pelindung wajah (face shield). Tak Memiliki Gejala

Kendati begitu, Bima menegaskan bagi peserta yang positif Covid-19 tetapi tidak memiliki gejala masih bisa terus melakukan tes CPNS dengan aturan protokol kesehatan yang ketat.

"Ada ruang untuk yang normal, ada ruang untuk yang reaktif dan ada ruang tes untuk yang positif. Jadi yang positif ini pun kalau memang kurang sehat, pulang balik dia, tidak kita perbolehkan," pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber:">Liputan6