Pemerintah Telah Siap Buka Lowongan CPNS 2021, Penjelasan MenPAN PB

Segera Siapkan Diri, Pemerintah Telah Siap Buka Lowongan CPNS,Berikut Penjelasan MenPAN PB
Rekrutmen CPNS telah dipastikan oleh pemerintah akan kembali diadakan, namun tidak pada tahun ini karena alasan pandemi Covid-19.

Tjahjo Kumolo selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengatakan bahwa tahun 2020 ini pemerintah meniadakan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS).

"Penerimaan CPNS tahun 2020 akan kami tiadakan," ujar Menteri Tjahjo dilansir dari keterangan tertulis yang dikutip ringtimesbanyuwangi.com dari Berita DIY, Senin, 5 Oktober 2020.

Hal tersebut akhirnya dilakukan mengingat bahwa tahun 2019 kemarin, penerimaan CPNS akan masuk pada tahap seleksi kompetensi bidang (SKB). Pelaksanaan SKB ini tertunda karena pandemi Covid-19.

Proses seleksi CPNS formasi tahun 2019 yang tertunda karena pandemi Covid-19 akan dituntaskan pada tahun ini.

“SKB dilanjutkan bulan September-Oktober 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan. Kementerian PANRB dan BKN terus melakukan koordinasi dengan BNPB (Gugus Tugas Covid-19) dan Kementerian Kesehatan, untuk memastikan agar pelaksanaan SKB benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan,” jelasnya.

Dijelaskan juga bahwa rekrutmen ASN untuk tahun 2021 akan dilaksanakan. Saat ini sedang dilakukan proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan masing-masing instansi pemerintah.

Editor: Shofia Munawaroh Proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan daerah, serta hasil evaluasi dampak pandemi Covid-19.*** (Resti Fitriyani/Berita DIY)