Tips dan Trik Agar Bisa Lolos Tahap Seleksi Administrasi Menurut BKN,CPNS 2021 Akan Segera Dibuka!

Ilustrasi tips biar lolos tahap administrasi dalam seleksi CPNS 2021. /Foto tangkap layar sscndaftar.bkn.go.id/login/ Pendaftaran seleksi CPNS 2021 akan dibuka untuk calon peserta di seluruh Indonesia.

Proses seleksi CPNS 2021 akan kembali dilakukan dengan melalui sistem terpadu online di situs https://sscasn.bkn.go.id

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengungkapkan beberapa tips dan trik agar pelamar dapat lolos tahap administrasi pada seleksi CPNS 2021.

Ia juga menjabarkan hal tersebut karena berulang kali setiap tahun.

Dia mengatakan, kebanyakan peserta selalu melakukan kesalahan teknis hingga menyebabkan tidak lolos administrasi.

Berikut beberapa tips dan trik lolos administrasi seleksi CPNS 2021 dari BKN:

1. Cek Validasi NIK dan KK

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat validitas NIK dan KK yang berada di database kependudukan nasional.

Jika NIK dan KK kita tidak tervalidasi maka akan dipastikan Pelamar tidak akan dapat membuat akun di sscasn.bkn.go.id.

"Caranya mungkin bisa dengan menghubungi dirjen dukcapil atau di dinas catatan sipil setempat apakah NIK dan KK kita valid. karena validitas NIK itu yang menjadi penentu seseorang bisa mendaftar membuat akun," tambahnya.

2. Cari Tahu Formasi CPNS 2021

Calon pelamar CPNS 2021, disarankan dapat aktif mencari tahu formasi apa yang akan dilamar nantinya dan rajin mencari tahu di website atau media sosial (medsos) kementerian atau lembaga terkait.

Ridwan menyarankan agar pelamar dapat mengecek di situs-situs pemerintahan yang berdomain.go.id.

"Kalau mau duluan silakan kamu cek di web atau medsos instansi baik pusat maupun daerah sesuai dengan formasi yang kamu inginkan," kata Ridwan, sebagaimana dilansir Jurnal Sumsel dari RRI.

"Tetapi jika kamu ingin melalui situs resmi BKN tidak ada masalah, Karena di kami ada yang disebut sebagai sistem pencarian formasi yang mana kita bisa mencari formasi dengan cara mengetik nama instansinya atau latar belakang pendidikan kita misalnya sastra inggris ada listnya nanti atau formasinya," sambungnya.

3. Siapkan Dokumen

Pelamar harus menyiapkan dokumen seperti scan KTP asli, Foto, Swafoto, Ijazah, Transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi masing-masing.

Ridwan menyatakan, hanya beberapa dokumen tersebut yang wajib disiapkan oleh pelamar, jika nantinya ada dokumen tambahan itu diluar kewenangan BKN, karena setiap instansi yang berhak menentukannya.

"Yang beda adalah instansi masih dimungkinkan untuk menambahkan persyaratan lain, jadi barang siapa yang ingin melamar di instansi tertentu pastikan dibaca secara detail dan teliti," tutupnya.

Untuk seleksi CPNS 2021, pemerintah kabarnya akan membuka kuota yang lebih banyak dari sebelumnya. Kemungkinan, pembukaan pendaftaran CPNS 2021 akan dilakukan pada Maret mendatang.***

Editor: Muhammad Wirawan Kusuma

Sumber: RRI