Info Rangkaian Persiapan PPPK 2021 dari Dirjen GTK Kemendikbud

Sandi Susandi
Ilustrasi: seleksi CPNS. Berikut Contoh Soal UUD 1945 dan Kunci Jawabannya, Untuk Persiapan Ujian TWK SKD CPNS 2021 /Berita DIY/ Seleksi pengangkatan guru sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 tengah dipersiapkan dengan matang oleh pemerintah.

Pembukaan seleksi PPPK 2021 nanti merupakan ikhtiar menyediakan kesempatan yang adil bagi para guru honorer yang berkompeten untuk bisa mendapatkan penghasilan yang layak.

Seleksi PPPK 2021 ini diperuntukan bagi para guru honorer atau non PNS di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di data pokok pendidikan (Dapodik) termasuk sangat terbuka bagi para lulusan pendidikan profesi guru yang saat ini belum mengajar.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dalam pemantapan formasi rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja ini.

Dalam rapat koordinasi yang dilakukan di Makassar pihak Dutjen GTK Kemendikbud menyampaikan terkait jadwal persiapan seleksi PPPK 2021 nantinya.

Rencanananya, pemerintah menargetkan dapat menyelesaikan data base kualifikasi guru dan kebutuhan guru daerah bukan Desember ini.

Setelah ini selesai, pemerintah akan menargetkan dan menyelesaikan regulasi pendukung kualifikasi pendidikan pada bulan Januari 2021.

Pada bulan Februari 2021 ditagetkan menyelesaikan materi pembelajaran bagi para pendaptar dan dibulan-bulan selanjutnya akan diumumkan jadwal seleksi dan juga uji seleksi.

Dalam pertemuan koordinasi di Batam, MenPAN-RB menyampaikan supaya daerah segera mengajukan formasi guru agar bisa maksimal dan sesuai dengan kebutuhan.

Pemantapan persiapan ini akan dilakukan koordinasi lanjutan di daerah Semarang dan Yogyakarta.

Perlu Diketahui, pembukaan pengadaan guru PPPK 2021 ini terdapat banyak perbedaan dengan PPPK sebelumnya.

PPPK ditahun sebelumnya:

1. Formasi Guru PPPK terbatas

2. Setiap para pendaftar diberikan kesempatan satu kali ujian seleksi.

3. Tidak adanya materi persiapan untuk pendaftar.

4. Pemerintah Daerah harus menyiapkan anggaran gaji peserta yang lulus seleksi PPPK

5. Biaya penyelenggaraan ujian di tanggung oleh Pemerintah Daerah

Sedangkan untuk PPPK 2021:

1. Semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar dan mengikuti seleksi, dan semua yang lulus seleksi akan menjadi guru PPPK hingga satu juta guru.

2. Setiap pendaftar diberi kesempatan sampai tiga kali untuk mengikuti seleksi, jika gagal oada seleksi pertama dapat belajar untuk mengulang kembali ditahun yang sama atau berikutnya.

3. Pemerintah menyediakan materi pembelajaran daring untuk membantu pendaftar dalam mempersiapkan dirinya.

4. Pemerintah pusat memastikan anggaran untuk gaji semua para peserta yang lulus seleksi PPPK

5. Biaya penyelenggaraan ujian di tanggung oleh Kemendikbud.

Itulah update informasi perkembangan persiapan penetapan seleksi PPPK 2021 nanti dari Ditjen GTK Kemendikbud. ***

Editor: Agus Satia Negara