Latihan Soal CPNS 2021 dengan Simulasi CAT

Ilustrasi seleksi CPNS. Belajar Contoh Latihan Soal CPNS 2021 dengan Simulasi CAT strong> Nyobain belajar contoh soal untuk menyambut seleksi CPNS 2021, makin semangat deh!

Apalagi dengan jaminan langsung dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait kualitas soal.

Sebab CAT (Computer Assisted Test) yang beralamat di website cat.bkn.go.id diolah langsung oleh tim Pengelolaan Aplikasi Sistem Seleksi BKN.

Efni Surayadi yang bertanggungjawab mengelola CAT pun berkomitmen menjaga kualitasnya agar semakin mudah diakses para calon peserta CPNS 2021.

Kemudahan ini pun bisa calon peserta CPNS 2021 rasakan dari awal cara mendaftar di aplikasi CAT.

Jika kamu calon peserta seleksi CPNS 2021 belum mengerti caranya, berikut tahapannya dari proses mendaftar di laman web cat.bkn.go.id hingga nanti bisa berlatih mengerjakan soal.

1. Kunjungi portal CAT BKN

Kemudian akses portal CAT BKN, cat.bkn.go.id

Terdapat beberapa menu pilihan yang berada di pojok kanan atas, pada halaman beranda CAT BKN, seperti Beranda, SOP CAT, Statistik, PNBP, dan simulasi.

2. Pilih Menu Simulasi

Pada menu simulasi, kamu akan menemukan tiga sub menu, yakni daftar, kelola akun/aktifasi, dan Mulai Simulasi CAT.

3. Pilih Menu - Daftar

4. Isi Form Pendaftaran yang telah disediakan

Pada form pendaftaran, isikan nama lengkap, password, email, tempat lahir, tanggal lahir, dan sebagainya.

Pastikan juga email yang kamu masukan aktif, karena diperlukan untuk aktivasi akun.

5. Aktivasi Akun

Kemudian kamu akan menerima notifikasi di email, dan masukan 10 digit angka untuk aktivasi akun.

6. Mulai Simulasi

Untuk tahapan terakhir, kamu sudah bisa langsung melakukan simulasi.

Tersedia 100 soal yang terdiri dari soal TKP, TWK, dan TIU. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan simulasi CAT BKN adalah 90 menit.

Harap diperhatikan, langkah-langkah melakukan simulasi CAT pada laman cat.bkn.go.id di atas dilakukan dengan memakai komputer PC.

Apabila, membuka laman cat.bkn.go.id dengan HP, harus diatur dulu tampilan layar pada browser dalam versi Situs Dekstop.

Menurut Kepala Biro Humas BKN, Paryono, salah satu faktor penentu kelulusan pada seleksi CPNS adalah kemampuan adaptasi terhadap metode seleksi yang digunakan.

“Selain kompetensi, kemampuan peserta beradaptasi dengan metode seleksi menjadi penting. Apabila sudah menguasai metodenya, peserta hanya cukup fokus pada sisi kompetensi, yakni menjawab soal yang ada,” tutur Paryono dilansir dari siaran pers BKN pada 30 November 2020.

CAT BKN diprediksi bakal kembali dipercaya menjadi salah satu metode seleksi yang akan digunakan untuk seleksi CPNS 2021.

Untuk itu, “BKN mengimbau kepada calon peserta, yang nantinya lulus seleksi administrasi, dapat melakukan simulasi tes dengan metode CAT BKN melalui kanal resmi BKN, yakni cat.bkn.go.id,” ucap Paryono.***

Editor: Muhammad Nur

Sumber: CAT BKN