Pengumuman! Lowongan 1 Juta CPNS dibuka Tahun Depan

Peserta CPNS mengikuti seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (26/10). Peserta yang lolos akan mengikuti tahap seleksi berbasis komputer yang akan digelar serentak 26 Oktober hingga 17 November 2018.  (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Seleksi SKD CPNS (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) 

Pemerintah memastikan akan kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun depan. Setidaknya ada 1 juta lowongan yang akan dibuka untuk formasi tertentu.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Menurutnya, saat ini ada sekitar 4,2 juta PNS di seluruh Indonesia baik di Kementerian Lembaga (K/L) hingga Pemerintahan Daerah (Pemda). Namun, jumlah itu masih kurang untuk beberapa profesi.

"Tahun depan kita tambah lagi 1 juta (ASN)," ujarnya yang dikutip melalui akun Youtube Kemenag, Selasa (29/12/2020).

Tjahjo merinci, seleksi 1 juta CPNS ini akan dibuka bagi profesi guru untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan tenaga Kesehatan mulai dari dokter hingga perawat.

Untuk profesi guru akan dibuka formasi sebanyak 260 ribu sesuai dengan kebutuhan pemerintah. Kemudian untuk tenaga kesehatan akan dibuka lowongan sekitar 100 ribuan.

"Mudah-mudahan lewat perencanaan dan rekrutmen dan sebagainya bisa tertata, terdata berapa ASN yang kita butuhkan," jelasnya.

Sebelumnya, Tjahjo, mengatakan pemerintah juga menetapkan gaji minimal PNS naik jadi Rp 9 juta per bulan. Menurutnya, kenaikan gaji ini karena pemerintah menaikkan tunjangan kinerja PNS di 2021.

"Jadi (gaji) pegawai paling rendah ASN itu bisa minimal Rp 9 juta sampai Rp 10 juta," kata dia.

Peningkatan tunjangan ini akan diberikan kepada seluruh PNS di Indonesia. Bahkan, peningkatan tunjangan untuk PNS ini dikatakan telah dibahas bersama dengan Kementerian Keuangan.

(tas/tas)