Simulasi CAT dari BKN, Kualitas Terjamin! Persiapan CPNS 2021

logo CAT BKN. Persiapan CPNS 2021, Yuk Ikutan Simulasi CAT dari BKN. Kualitas Terjamin! /https://cat.bkn.go.id/ Dalam rangka persiapan seleksi CPNS 2021, yuk ikut simulasi CAT dari BKN. Kualitas soal sangat terjamin lho!

Tidak hanya memberi tutorial atau panduan cara mendaftar, Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga siap memfasilitasi calon peserta CPNS 2021.

Yaitu dengan simulasi CAT (Computer Assisted Test) yang sudah dipersiapkan BKN untuk peserta seleksi CPNS.

Para calon peserta CPNS 2021 tidak perlu khawatir, sebab kualitas soal dan website di alamat cat.bkn.go.id dikelola langsung oleh BKN.

Menurut Efni Surayadi selaku Kepala Subbidang Pengelolaan Aplikasi Sistem Seleksi BKN, simulasi CAT BKN ini adalah aplikasi resmi milik pemerintah untuk berlatih soal SKD.

Selain gratis dan mudah diakses, Efni juga menjamin soal-soal yang ada, resmi dari bank soal BKN.

“Tentu sah-sah saja apabila masyarakat ingin melakukan simulasi soal SKD di banyak tempat. Namun, BKN tidak menjamin kualitasnya,” kata Efni dikutip dari laman Setkab.go.id pada 30 November 2020

Menurut Efni, saat ini BKN hanya memfasilitasi simulasi soal SKD melalui website yang dapat diakses di alamat cat.bkn.go.id

Terakhir, Efni mengatakan jumlah kuota maksimal yang dapat mendaftar simulasi soal SKD di website cat.bkn.go.id sebanyak 1500 orang per hari.

“Memang dibatasi pendaftarnya per hari. Hal itu untuk memastikan pengalaman akses yang baik. Namun, jumlah akses untuk mengikuti simulasi soal SKD tidak dibatasi. Masyarakat bisa mencobanya kapan pun dan di mana pun,” pungkas Efni.

Sedangkan menurut Kepala Biro Humas BKN, Paryono, salah satu faktor penentu kelulusan pada seleksi CPNS adalah kemampuan adaptasi terhadap metode seleksi yang digunakan.

“Selain kompetensi, kemampuan peserta beradaptasi dengan metode seleksi menjadi penting. Apabila sudah menguasai metodenya, peserta hanya cukup fokus pada sisi kompetensi, yakni menjawab soal yang ada,” tutur Paryono dilansir dari siaran pers BKN pada 30 November 2020.

CAT BKN diprediksi bakal kembali dipercaya menjadi salah satu metode seleksi yang akan digunakan untuk seleksi CPNS 2021.

Untuk itu, “BKN mengimbau kepada calon peserta, yang nantinya lulus seleksi administrasi, dapat melakukan simulasi tes dengan metode CAT BKN melalui kanal resmi BKN, yakni cat.bkn.go.id,” ucap Paryono.

Dengan begitu, peserta bisa merasakan pengalaman menggunakan aplikasi CAT BKN, mulai dari sisi tampilannya, letak fitur yang tersedia dan fitur-fitur yang lainnya, kata Paryono.***

Editor: Agung Julianto

Sumber: Setkab, bkn.go.id