5 Perbedaan PPPK 2021 Dengan PPPK 2019

Ilustrasi guru. Berikut kumpulan ucapan atau quotes Hari Guru Nasional. /ADE MAMAD/PR  
Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tahun 2021 merupakan upaya pemerintah untuk menyediakan kesempatan yang adil untuk para guru honorer.

PPPK 2021 menjadi kesempatan terbuka bagi guru honorer, termasuk guru-guru eks-THK2 yang terdaftar di Dapodik hingga tanggal 31 Desember 2020.

Bahkan, lulusan pendidikan profesi guru yang saat ini tidak mengajar pun berkesempatan mengikuti seleksi PPPK.

Ada sejumlah perbedaan antara pendaftaraan PPPK 2021 dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dilansir dari akun Twitter Kemendibud @Kemdikbud_RI, berikut adalah 5 perbedaan pendaftaran PPPK 2021 dengan tahun-tahun sebelumnya,

1. Formasi guru

Pada tahun sebelumnya, formasi guru PPPK terbatas. Sementara di tahun 2021, semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar dan mengikuti seleksi.

Semua yang lulus seleksi akan berstatus sebagai PPPK hingga kebutuhan satu juta guru terpenuhi. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah daerah diminta untuk mengajukan formasi lebih banyak sesuai kebutuhan.

2. Ujian seleksi

Pada tahun sebelumnya, setiap pendaftar hanya diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi sebanyak satu kali dalam satu tahun.

Di tahun 2021, setiap pendaftar diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi hingga tiga kali. Jika gagal pada kesempatan pertama, peserta ujian bisa mengulang hingga dua kali lagi di tahun yang sama atau tahun berikutnya.

3. Materi persiapan

Pada tahun sebelumnya, tidak ada materi persiapan bagi para pendaftar. Di tahun 2021, Kemendikbud menyediakan materi pembelajaran secara daring.

Ini bertujuan untuk membantu para pendaftar mempersiapkan diri dengan lebih baik sebelum ujian seleksi.

4. Anggaran gaji

Pada tahun sebelumnya, pemerintah daerah adalah pihak yang bertanggungjawab menyiapkan anggaran gaji bagi PPPK. Di tahun 2021, pemerintah pusat telah memastikan tersedianya anggaran untuk gaji semua peserta yang lulus PPPK. 5. Biaya ujian Baca Juga: Kecewa Janjinya Saat Pemilu Diingkari, Warga di Meksiko Ikat Wali Kotanya di Pohon Selama 2 Jam Pada tahun sebelumnya, pemerintah daerah menanggung biaya penyelenggaraan ujian. Di tahun 2021, biaya ujian ditanggung oleh Kemendikbud.***(Lulu Lukyani