Kuota Formasi PPPK Kota Batu Tahun 2021 Sebanyal 183 Formasi

kota batu
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih menuturkan kuota P3K di Kota Batu ditetapkan sebesar 183 formasi guru. (istimewa)

Kota Batu mendapat kuota 183 formasi guru yang akan direkrut sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (P3K). Kemenpan RB telah mematok jatah itu untuk ditempatkan di jenjang satuan pendidikan mulai tingkat TK hingga menengah pertama.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih mengatakan bahwa seleksi P3K terkoneksi dengan sistem yang mencakup formasi maupun kebutuhan guru di Kota Batu.

Tercatat ada 1074 guru tidak tetap (GTT) yang akan bersaing memperebutkan kesempatan tersebut. Meskipun pihaknya sudah masukkan semua GTT ke dalam formasi P3K. Tapi karena basis ada di Dapodik jadi mengacu kebutuhan sesuai yang ditetapakn dalam kuota. Pemerintah sudah menghitung kekurangan.

“Katakan sekolah SD punya rombel enam. Otomatis Pemerintah Pusat sudah hitung kekurangan kebutuhan guru. Meliputi guru kelas ada enam guru, guru agama satu, PJOK satu guru dan ditambah satu kepsek,” papar dia.

Nantinya dari total 1074 GTT yang sudah masuk Dapodik dan memenuhi syarat bakal berebut 183 formasi melalui seleksi. Proses seluruhnya melalui online. Artinya pagu Kota Batu terkait kekurangan guru sudah terdeteksi. Dari 183 formasi yang dibutuhkan meliputi 118 guru TK dan SD. Sedangkan untuk 65 untuk guru SMP.

“Dokumen guru di Kota Batu sudah terdata di pusat. Salah satu yang terpenting adalah terdaftar di Dapodik sejumlah 1074 guru. Untuk mengetahui siapa saja yang masuk Dapodik masing-masing guru bisa melihat di akun masing-masing,” bebernya.

Semisal di sekolah tersebut ternyata PNS sudah ada lima orang, artinya yang dibutuhkan empat lagi. Nah empat itu akan diisi oleh ada GTT. Saat ditanya dengan banyaknya GTT yang tak tercakup dalam P3K, Eny menjawab pihaknya akan meningkatkan insentif.

‘Seperti mengikutkan GTT dalam BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan sesuai domain pemda,” tutur dia.(wok/lna)