Rekrutmen CPNS 2021 Akan dibuka Dalam waktu dekat

Potret CPNS di Kota Bandung saat mengikuti seleksi
Foto: Wisma Putra
Rencana jadi rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini masih abu-abu. Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo bisa saja rekrutmen CPNS 2021 jadi dibuka tahun ini.

Namun, sampai sekarang belum ada kepastian mengenai kapan proses rekrutmen itu dilaksanakan dan belum jelas juga berapa besar kebutuhannya. Mengingat, rekrutmen CPNS 2019 saja baru terlaksana menjelang akhir tahun 2020 lalu, sehingga jumlahnya akan disesuaikan dengan kebutuhan Kementerian atau Instansi masing-masing.

"Tahun 2021 mudah-mudahan akan dilaksanakan dan prinsipnya sesuai kebutuhan Kementerian, Lembaga, Instansi maupun pemerintah daerah," ujar Tjahjo dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Senin (18/1/2021).

Tak menutup kemungkinan, sambung Tjahjo, rekrutmen CPNS 2021 ditunda seperti CPNS 2019. Lantaran, saat ini kasus COVID-19 masih terus bertambah dan belum semua masyarakat mendapat vaksin COVID-19.

Sebelumnya, Kementerian PAN-RB menyebut rekrutmen CPNS 2021 ini dibuka setelah bulan Mei 2021. Namun, pemerintah belum memutuskan tanggal pasti pembukaan rekrutmen CPNS 2021 ini."Setiap instansi pemerintah akan ditunda pengadaan CPNS-nya dan jika tidak melengkapi kriteria yang di syaratkan bahkan secara nasional pengadaan dapat ditunda karena kondisi tertentu," sambungnya.

"Dibuka kira-kira setelah bulan Mei tahun 2021, waktu tepatnya belum ditentukan," kata Pelaksana tugas (Plt) Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PAN-RB, Teguh Widjinarko saat dihubungi detikcom, Senin lalu (28/12/2020).

Teguh mengatakan pemerintah sudah memiliki prioritas formasi yang dibuka untuk CPNS 2021. Formasi yang menjadi prioritas adalah lowongan untuk bidang kesehatan, pendidikan, dan bidang teknis. Namun, untuk berapa banyak kebutuhan di masing-masing instansi masih dalam proses perhitungan. "Saat ini kita masih menghimpun data kebutuhan (CPNS) dari masing-masing instansi (pusat dan daerah)," sambungnya.

(zlf/zlf)