Usulan Formasi CPNS Kabupaten Lumajang Sebanyak 256 Formasi CPNS

Akhmat Taufik Hidayat, Kepala BKD Lumajang (Foto : Kominfo / Jatim TIMES)
Akhmat Taufik Hidayat, Kepala BKD Lumajang (Foto : Kominfo / Jatim TIMES)

Tahun ini Lumajang mengusulkan kepada pemerintah pusat sebanyak 256 CPNS dengan prioritas tenaga kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Akhmad Taufik Hidayat, hari ini Kamis (21/01) menjelaskan untuk bidang pendidikan sementara akan dicukupi dengan rekrutmen melalui Pegawai Pemerintah Denan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Yang kita usulkan bidang infrastruktur dan kesehatan jumlahnya 256 belum ada revisi, tahapnya masih pengusulan ke pusat," kata Akhmad Taufik Hidayat.

Menurut rencana rekrutmen untuk bidanng pendidikan melalui PPPK akan diusulkan sebanyak 500 orang.

Dijelaskan Taufik, usulan CPNS maupun PPPK tersebut tidak sebanding dengan kebutuhan pegawai, apalagi dilihat dari jumlah PNS yang pensiun, meninggal maupun mutasi yang hampir sekitar 400 orang setiap tahun.

"Memang antara kebutuhan PNS dengan tenaga pensiun tidak seimbang, kita minus terus setiap tahun, sekitar 400 lebih pensiun, meninggal dan mutasi. Kita dapatnya CPNS sedikit seperti tahun sebelumnya saja cuma 176," jelasnya.

Untuk pelaksanaan rekrutment ini Pemkab Lumajang masih menunggu petunjuk teknis resmi dari Kemenpan-RB dan BKN.

"Untuk saat ini petunjuknya masih belum ada, di Medsos informasinya sudah berkembang macam-macam, namun kami tetap menunggu petunjuk formal dari Kemenpan maupun dari BKN," tuturnya kemudian.