Fakta Terbaru Penerimaan CPNS 2021

https: img.okezone.com content 2021 03 14 320 2377553 fakta-terbaru-penerimaan-cpns-2021-JR5Dtnv4H3.jpg 

CPNS (Okezone) 

Pemerintah akan membuka kembali lowongan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun ini. Tujuanya adalah untuk memenuhi kebutuhan pegawai pemerintah di tahun ini.

Ada sejumlah fakta menarik dari pembukaan CPNS dan PPPK pada tahun ini. Berikut Okezone merangkumnya pada Senin (14/3/2021).

1. Pemerintah Pusat Butuh 83.000 Pegawai Baru

Pemerintah membutuhkan pegawai yang akan mengisi posisi di instansi atau Kementerian/Lembaga (K/L) di pusat. Secara total, pemerintah pusat membutuhkan pegawai baru sebanyak 83.000.

dari jumlah 83.000 tersebut 50% di antaranya akan disiapkan lewat seleksi CPNS. Sedangkan 41.500 sisanya akan dipenuhi lewat Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

Jumlah kebutuhan pegawai di instansi pusat tersebut, merupakan kebutuhan untuk dua tahun yakni tahun 2020 dan 2021. Mengingat pada tahun kemarin pemerintah tidak melaksanakan rekrutmen.

2. Ada Buat Lulusan SMA

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerjasama BKN Paryono mengatakan, ada peluang untuk bagi yang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisa mendaftar CPNS. Namun hal itu tergantung keputusan dari Kementerian PANRB.

3. Alasan PNS Jadi Daya Tarik Masyarakat

Bekerja menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) masih menjadi daya tarik masyarakat. Lantaran, PNS masih menarik karena ada gaji tetap, belum termasuk tunjangan dan jaminan pensiun.

4. Kemenag Usahakan Guru Agama Honorer Masuk PPPK Kemendikbud

Guru agama honorer akan diusahakan agar bisa terakomodir dalam formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang perekrutannya dilakukan tahun ini. Pembahasan akan melibatkan enam kementerian dan lembaga terkait.

Tim dari enam kementerian ini juga telah menggelar rapat lagi agar honorer guru agama yang direkrut PPPK pada 2021 ini tak sebatas 9.000 saja, namun bisa lebih banyak lagi.

5. Soal Diminta Dikumpulkan Juni 2021

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana meminta setiap instansi untuk menyiapkan soal seleksi kompetensi bidang (SKB) untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Utamanya untuk memutakhirkan soal-soal SKB untuk seleksi tahun ini.

Dia juga meminta agar instansi memastikan penyusunan soal sesuai dengan standar tingkat kesulitan soal yang ditetapkan. Baik dari level jabatan maupun antar wilayah.

“Naskah soal SKB CPNS dan soal seleksi kompetensi teknis PPPK non-Guru disampaikan kepada Panselnas (panitia seleksi nasional) paling lambat tanggal 1 Juni 2021 untuk diintegrasikan ke dalam Bank Soal CAT BKN,” ucapnya.Okz