Pendaftaran CPNS di Buka Mei 2021

Infografis/Astaga.....Ada 1,3 Juta Lowongan CPNS di 202i/Aristya Rahadian Foto: Infografis/Astaga.....Ada 1,3 Juta Lowongan CPNS di 2021 Pemerintah kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Pendaftaran di mulai Mei mendatang.

Sebelumnya pendaftaran di rencanakan di buka pada April. Namun karena masih menunggu data formasi dari Kementerian dan Lembaga, maka diputuskan Mei mendatang.

"Pendaftaran CPNS bulan Mei-Juni," ujar Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Teguh Widjinarko kepada CNBC Indonesia, Rabu (17/3/2021).

Menurutnya, pembukaan pendaftaran ini baik untuk CPNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) non guru maupun PPPK guru.

Pengumuman resmi akan segera dilakukan setelah penyusunan data selesai. Saat ini masih menyusun detai formasi yang dibutuhkan KL.

"Datanya detailnya masih disusun. Dalam waktu dekat akan diumumkan," kata dia.

Setidaknya untuk tahun ini Pemerintah akan membuka sekitar 1,3 juta formasi.

Berikut rinciannya:

1. 1 juta guru PPPK melalui skema yang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (untuk Pemda)

2. Untuk Pemda (diluar guru) ditentukan sebesar sekitar 189 ribu yang terdiri dari, 70 ribu PPPK jabatan fungsional selain guru, dan 119 ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan (termasuk tenaga kesehatan).

3. Untuk instansi pemerintah pusat ditentukan kebutuhan sebesar sekitar 83 ribu dengan persentase 50% PPPK dan 50% CPNS.


(mij/mij)cnbc