Bocoran Formasi CPNS 2021 Sejumlah Pemda Beredar di Internet, Hoaks?

Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di bilik khusus, di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)

Masyarakat dan para pencari kerja tengah menunggu kepastian terkait formasi resmi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Di sisi lain, bocoran formasi CPNS untuk sejumlah pemerintah daerah (pemda) ramai terpampang di media sosial, di antaranya Pemprov Jawa Timur, Pemkab Gresik, Pemkot Singkawang, hingga DKI Jakarta.

Namun, Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Katmoko Ari Sambodo mengingatkan, tiap instansi semustinya belum berhak mengumumkan bocoran formasi CPNS tahun ini.

"Kan belum ada pengumuman resmi. Nanti pada waktu pengumuman di masing-masing instansi akan diputuskan," ujar Katmoko , Jumat (21/5/2021).

Menurut dia, formasi CPNS 2021 nantinya akan diumumkan secara serentak lewat situs resmi masing-masing instansi.

"Kalau pengumuman resmi kan harus dari web yang resmi. Dari webnya masing-masing Pemda, bukan dari web-web yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," tutur Katmoko.

Kendati begitu, informasi terkait formasi CPNS di sebagian pemda seperti Pemprov DKI Jakarta sudah terlanjur banyak tersebar di ranah media sosial. Rincian formasi tersebut juga telah dikonfirmasi kebenarannya.

Katmoko pun membenarkan jika Kementerian PANRB telah memberikan penetapan formasi CPNS 2021 kepada setiap instansi. Namun, ia menekankan jika formasi final CPNS saat ini belum diputuskan.

"Kami memang menyerahkannya kepada Pemda DKI secara digital. Saya enggak tahu manajemen di Pemda DKI-nya seperti apa, apakah kemudian hal itu dipublikasikan atau gimana, itu bukan kewenangan kami," ungkapnya

"Tapi secara prinsip, pengumuman secara resmi itu harus dilihat di web yang resmi juga," tegas Katmoko.  Liputan6