Syarat dan Cara Daftar CPNS 2021 Biar Tak Canggung Lagi Semua Online

Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)

Jangan sampai terlewatkan. Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS segera dibuka pada 31 Mei 2021. Proses pendaftaran CPNS 2021 beriringan dengan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK.

Usai pendaftaran, menurut Pelaksana tugas Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjanarko. proses seleksi CPNS dan PPPK bakal digelar mulai Juli hingga Oktober 2021. Sedangkan pengumumannya bakal disampaikan pada November 2021. 

Teguh menjelaskan, proses pendaftaran akan dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) BKN.  Hal ini dilaksanakan dengan pertimbangan animo peserta yang begitu banyak pada tahun silam.

"Seleksinya bulan Juli sampai Oktober karena banyak sekali, tahun lalu ada 4 juta pelamar. Proses seleksinya juga cukup lama," kata Teguh

Terkait dengan lokasi seleksinya, Kementerian PANRB bersama BKN masih belum menentukan lokasi seleksi CPNS dan PPPK di tahun ini.

Hanya saja, intinya, seleksi akan berlangsung di kantor pusat BKN, kantor regional BKN, dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN. Serta, tempat-tempat tes tambahan baik itu yang dibiayai oleh BKN maupun yang dibiayai mandiri oleh instansi.

Sebelumnya, Kepala BKN Bima Haria Wibisana memastikan hanya akan menggunakan satu portal pendaftaran saja. Rincinya, portal Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN.

Portal itu disebut bakal mempermudah peserta dalam melakukan proses pendaftaran secara terpusat melalui laman SSCASN, sscasn.go.id, yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Liputan6