6 Formasi Dokter Spesialis Nihil Pendaftar, Pelamar CPNS Aceh Jaya Capai 697 Orang

Sebanyak enam formasi CPNS di Aceh Jaya sejak dibuka pada 30 Juni lalu hingga kini nihil pendaftar. Ke enam formasi dokter spesialis

6 Formasi Dokter Spesialis Nihil Pendaftar,  Pelamar CPNS Aceh Jaya Capai 697 Orang
Kepala BKPSDM Aceh Jaya Syarif Hidayat 
 
Sebanyak enam formasi CPNS di Aceh Jaya sejak dibuka pada 30 Juni lalu hingga kini nihil pendaftar. Ke enam formasi dokter spesialis tersebut yaitu, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis mata, dokter spesialis radiologi, spesialis THT, dan nutrisionis.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Aceh Jaya Syarif Hidayat , Jumat (23/7/2021) mengatakan, jika hingga batas pendaftaran formasi tersebut tidak ada yang mendaftar, maka dipastikan akan kosong CPNS tahun 2021 formasi tersebut. "Berarti jika tidak ada yang mendaftar nanti dianggap kosong dan tidak bisa diganti dengan formasi yang lain," katanya.

Syarif juga melaporkan, hingga kemarin, sebanyak 536 orang di Aceh Jaya telah mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 formasi kabupaten tersebut. Ia mengatakan, jumlah tersebut merupakan jumlah peserta seleksi CPNS 2021 yang sudah menyelesaikan pendaftaran atau sudah submit. Sementara, jumlah seluruh pendaftar di kabupaten tersebut mencapai 697 orang yang tercatat mengambil formulir pendaftaran.

"Yang mengisi formulir di Aceh Jaya sudah 697, dari jumlah itu baru 536 yang menyelesaikan pendaftaran atau sudah submit," ungkapnya.

Ia mengatakan, jika pendaftaran CPNS sendiri saat dilakukan perpanjangan oleh BKN yang diteruskan kepada BKPSDM melalui surat. Dalam surat tersebut pendaftar CPNS 2021 diperpanjang hingga 26 Juli 2021 atau bertambah selama lima hari.

Namun, hingga saat ini pihak BKPSDM Aceh Jaya sendiri tidak dapat menyampaikan terkait jumlah pendaftar di setiap formasi yang tersedia di kabupaten tersebut.

Menurut Syarif, data dan jumlah pendaftar di setiap formasi baru dapat dilihat setelah hari terakhir pendaftaran dan dilakukan rekap data.

Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Sekretariat Majelis Pendidikan Daerah (MPD) kembali membuka pendaftaran bantuan sosial beasiswa untuk mahasiswa/mahasiswi Aceh Selatan tahun 2021.

Beasiswa tersebut diperuntukan untuk Mahasiswa D-III, D-IV, S1 dan S2 yang sedang menyusun tugas Akhir/Skripsi/Thesis dan baesiswa berpretasi D-III,D-IV, S1 dan S2 tahun 2021 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Aceh Selatan kedua orang tua.

Kepala Sekretariat Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Selatan, Ridwan SAg MM, Jumat (23/7/2021) mengatakan, beasiswa tahun 2021 ini kusus untuk Mahasiswa Aceh Selatan yang sedang menyusun skripsi dan berpretasi baik yang sedang kuliah di dalam daerah maupun di luar daerah.

"Untuk pendaftarannya dibuka pada tanggal 26 Juli 2021 bertempat di Kantor Sekretariat Majelis Pendidikan Daerah (MPD)," ucapnya.

Untuk Prosedur pengajuan permohonan bantuan beasiswa mahasiswa bisa mengantarkan/mengirimkan berkas permohonan nantuan beasiswa ke Sekretariat Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Selatan Jln. Ahmad Yani No. 01 Tapaktuan, 23713. Selambat-lambatnya tanggal 13 Agustus 2021 (Cap Pos).

Semua berkas permohonan bantuan Beasiswa yang terkumpul akan diverifikasi dan diseleksi oleh Tim Verifikasi Bantuan Sosial bagi Mahasiswa Aceh Selatan.

Untuk Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan di Sekretariat Majelis Pendidikan Daerah Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2021 dengan mencantumkan nomor hp masing-masing Mahasiswa/Mahasiswi pada permohonan.

"Bantuan Sosial beasiswa ini Pemkab Aceh Selatan mengangarkan Rp 2,5 Milyar tahun 2021. Hal ini membuktikan bentuk kepedulian Pemkab Aceh Selatan kepada Mahasiswa yang sedang kuliah baik di dalam daerah maupun di luar Daerah," ujarnya. (c52/tz)Aceh Tribun