Solusi Jika Sulit Temukan Perguruan Tinggi dan Prodi Saat Daftar CPNS 2021

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Helmi Fithriansyah)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) coba menjawab keluh kesah pelamar CPNS 2021 yang tidak menemukan perguruan tinggi atau program studi (prodi) tempatnya menimba ilmu saat ingin mendaftar di portal SSCASN.

"Dari aduan yg masuk, banyak yang menanyakan terkait dgn Perguruan Tinggi (PT)/Prodi tidak ditemukan saat mendaftar di portal sscasn.bkn.go.id," tulis akun Twitter @BKNgoid, Rabu (21/7/2021).

Pertama, BKN meminta koneksi internet yang digunakan saat mendaftar CPNS 2021 dalam kondisi stabil. Pelamar juga diingatkan jika kolom pencarian PT dan prodi hanya untuk jenjang pendidikan Diploma atau Sarjana.

Selanjutnya, pendaftar pun diarahkan mencari nama prodi pada SSCASN tanpa menggunakan tanda baca seperti titik, koma dan sebagainya. Pendaftar pun dihimbau mencari nama PT/prodi dengan menggunakan penggalan atau singkatan, seperti UI (untuk Universitas Indonesia), UGM (Universitas Gajah Mada) dan ITB (Institut Teknologi Bandung).

Untuk nama prodi, pastikan itu juga sesuai dengan yang tertera pada ijazah pelamar, dan jangan abaikan kesalahan penulisan (typo) saat melakukan pencarian.

Pendaftar CPNS 2021 pun dianjurkan nama perguruan tinggi via heldpdesk SSCASN, lalu turut lakukan pengecekan melalui laman pddikti.kemdikbud.go.id atau forlap.kemdikbud.go.id/perguruantinggi.

"Setelah paham, yuk segera submit pendaftarannya. Karena masa pendaftaran tinggal menghitung jari," imbuh BKN.Liputan6