4.166 Pelamar Lolos Seleksi Administrasi CPNS Ciamis

Syarat CPNS 2021
Foto: Ilustrasi CPNS 2021 (Mindra Purnomo/tim infografis detik

Penerimaan seleksi CPNS Pemkab Ciamis telah diumumkan. Sebanyak 4.166 pelamar berhasil lolos seleksi administrasi atau telah memenuhi syarat dari total 4.900 pelamar. Sedangkan 734 pelamar tidak memenuhi syarat.

"Ada 734 pelamar tidak lolos atau tidak memenuhi syarat. Tapi bisa saja berubah setelah masa sanggah," ujar Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Pegawai BKPSDM Ciamis Kusdinar , Kamis (5/8/2021).

Pada penerimaan CPNS tahun 2021 Pemkab Ciamis hanya membuka kuota untuk 188 formasi. Jumlah ini lebih sedikit dibanding sebelumnya.

Kusdinar menjelaskan peserta yang tidak memenuhi syarat administrasi umumnya karena kelalaian saat input data. Padahal sebelumnya sudah ada petunjuk teknis yang dituangkan pada saat pengumuman seleksi CPNS Pemkab Ciamis.

Dari hasil verifikasi tim seleksi memang ada beberapa peserta yang mengunggah dokumen tidak sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan oleh instansi. Sepertinya surat lamaran atau persyaratan lainnya yang tidak sesuai ketentuan.

"Bagi yang tidak memenuhi syarat masih ada kesempatan pada masa sanggah. Waktunya tiga hari," ungkapnya.

Namun sekadar diketahui, masa sanggah ini bukan melakukan perbaikan administrasi tersebut. Melainkan hanya untuk menyanggah hasil verifikasi administrasi Tidak Memenuhi Syarat (TMS) bukan karena kesalahan pelamar.

Kusdinar mengimbau kepada para peserta yang lolos seleksi untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Tetap menjaga kesehatan, jaga imunitas. Tetap terapkan protokol kesehatan, jangan sampai kesempatan untuk menjadi PNS gagal karena kelalaian diri sendiri.

"Juga kami ingatkan agar tidak percaya kepada oknum-oknum yang menjanjikan kelulusan dalam bentuk apapun," ungkapnya.

Kusdinar mengatakan untuk tahapan selanjutnya akan diinformasikan lebih lanjut menunggu informasi dari BKN.

(mso/mso) detik