Ciri-Ciri Calo SKD CPNS 2021

es SKD CPNS 2021 dan Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru 2021 berlangsung di 450 Titik Lokasi (Tilok), pada Kamis, 2 September 2021. Dok BKN

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menjamin pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS 2021 dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT) meminimalisir paratik-praktik kecurangan.

Sebab dengan sistem ini setiap pelamar PNS dan ASN harus melalui proses seleksi sehingga tidak ada jalur instan untuk menjadi CPNS atau PPPK.

“Dengan adanya sistem CAT BKN, proses seleksi tidak memungkinkan untuk diterobos apalagi dengan jalur-jalur instan,” kata Sekretaris Kemenpan RB, Dwi Wahyu Atmajim di sela-sela tinjauannya ke Tilok SKD Kanreg I BKN Yogyakarta, ditulis Senin (6/9).

Dwi juga mengingatkan para masyarakat umumnya dan para peserta Seleksi CPNS 2021 dan PPPK khususnya agar waspada dan jangan percaya terhadap praktik-praktik percaloan.

Menurutnya potensi adanya oknum calo yang mendekati peserta untuk menjanjikan kelulusan sangat memungkinkan di tengah proses rekrutmen saat ini.

Untuk itu dia mengimbau seluruh lapisan masyarakat termasuk para orang tua peserta untuk tidak sekali-kali menyakini jika ada oknum yang mengaku bagian dari Instansi tertentu dan bisa menjanjikan kelulusan dengan sejumlah uang.

“Jadi jangan percaya kalau ada orang-orang yang menawarkan diri bisa membantu apalagi minta imbalan uang itu, sudah pasti penipuan,” tegasnya.

Selain itu Ia juga mengapresiasi kesiapan BKN dalam melaksanakan SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK di tengah pandemi Covid-19 yang masih relatif tinggi.

Menurutnya skema penerapan protokol kesehatan di Tilok SKD yang ditetapkan BKN menjadi kunci pelaksanaan seleksi berjalan dengan lancar tanpa mengesampingkan rekomendasi Satgas Nasional.liputan6


 

-