3.152 Pelamar CPNS Kabupaten Nagan Raya Rebut 228 Formasi

Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS di Pemkab Nagan Raya dimulai Senin (4/10/2021) hari ini.

3.152 Pelamar Rebut 228 Formasi
Ilustrasi - Berikut alamat lokasi ujian dan jadwal tes SKD CPNS 2021 untuk seluruh kabupaten/kota dan Provinsi Aceh.  
Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS di Pemkab Nagan Raya dimulai Senin (4/10/2021) hari ini. Proses seleksi tersebut diikuti 3.152  pelamar yang  memperebutkan 228 formasi tahun 2021.

Pelaksanaan tes SKD dilakukan di lantai III Kantor Bupati Nagan Raya. Tes SKD oleh BKN Perwakilan Aceh dan BKPSDM Nagan Raya berlangsung hingga 13 Oktober 2021.

Kepala BKPSDM Nagan Raya, Bambang Surya Bakti kepada Serambi, Minggu kemarin mengatakan, pelaksanaan SKD dalam sehari dibagi dalam empat sesi, kecuali Jumat yang hanya dua sesi. "Peserta tes CPNS berpakaian hitam putih dan peserta harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19," katanya.

Dikatakan, peserta tes sebanyak 3.152 orang dan akan memperebut 228 formasi yang dibuka dengan rincian tenaga kesehatan sebanyak 215 orang dan tenaga administrasi sebanyak 13 orang. Peserta diminta hanya membawa nomor ujian dan KTP (kartu tanda penduduk).

               Ruang khusus

Kepala BKPSDM Nagan Raya mengatakan, dalam pelaksanaan SKD CPNS sebanyak 4 ruang disiapkan. Empat ruang itu meliputi; dua ruang di lantai III, satu ruang khusus wanita hamil di lantai I, serta satu lagi disiapkan ruang khusus untuk mereka yang bergejala Covid-19.

Ruang khusus itu, kata Bambang, disiapkan 15 unit komputer dan tempatnya disekat pembatas serta tiada AC. Ruang itu disiapkan untuk  warga yang memiliki suhu badan di atas 37,5 derajat. "Peserta akan dilakukan pemeriksaan oleh tim medis yang telah disiapkan panitia di lokasi tes," katanya.

Bambang kembali mengingatkan peserta tes SKD untuk membawa surat bebas Covid-19 dalam bentuk rapid test (RA) antigen (masa berlaku 1x24 jam) atau swab PCR (masa berlaku 2x24 jam). Selain itu, surat deklarasi bebas Covid-19.

1.561 Peserta Tes Lulus Passing Grade

Pelaksanaan tes CPNS di Kabupaten Aceh Barat berjalan dengan baik. Sebanyak 6.287 peserta hingga hari ke-19 telah mengikuti ujian. Dari jumlah peserta CPNS tersebut, sebanyak 1.561 peserta dinyatakan lulus passing grade.  Namun, dalam tahapan selanjutnya mereka harus bersaing kembali untuk memperebutkan 306 formasi. Pelaksanaan tes SKD CPNS tersebut akan berlangsung hingga Selasa 5 Oktober 2021.

Kepala BKPSDM Aceh Barat, Zakaria SE kepada Serambi, Minggu (3/10/2021), mengatakan, sepanjang perjalanan kegiatan ujian tersebut sebagian peserta terpapar Covid-19. Ada juga  sebagian peserta yang tidak hadir mengikuti ujian.

Disebutkan, dari jumlah peserta yang telah mengikuti ujian hingga hari ke-19  yang mencapai 6.287 orang, sebanyak 796 orang di antaranya tidak hadir. Ketidakhadiran berakibat gugur sebagai peserta ujian CPNS dan tidak bisa mengikuti ujian susulan. Sementara dari jumlah peserta tersebut sebanyak 19 orang terpapar Covid-19. Mereka yang terinfeksi virus berbahaya tersebut diberikan peluang untuk dapat mengikuti ujian susulan secara terpisah dengan peserta lainnya.

Para peserta CPNS tersebut mengikuti ujian susulan secara terpisah guna menghindari terjadinya penularan wabah Corona. Dari jumlah 19 orang terpapar Covid-19 tersebut, sebanyak 6 orang diantaranya telah mengikuti ujian SKD CPNS yang dipusatkan di Aula Komplek Dinas Pendidikan Aceh Barat.

Para peserta yang mengikuti ujian ulang itu, jadwal pelaksanaannya akan ditentukan oleh BKPSDM Pusat, sehingga di daerah hanya melaksanakan saja sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Dari hasil ujian yang sudah berjalan tersebut, nilai SKD tertinggi mencapai 470, dan nilai SKD rendah sekitar 59.(riz/c45)Aceh Tribun