Bocoran Kisi-Kisi SKB CPNS 2021


Pemkot Tangerang gelar tes SKB CPNS. (Pramita/

Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CASN 2021 dimulai hari ini, Senin 15 November. Tes SKB CPNS 2021 tahap I akan berlangsung hingga 28 November 2021.

Selain mempersiapkan diri, peserta CPNS 2021 diimbau untukl mempelajari materi yang akan diujikan dalam tes SKB CPNS tersebut.

Jika merujuk informasi mengenai materi SKB pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 27 Tahun 2021, peserta ujian SKB sebelumnya perlu tahu dulu apa jabatan yang dilamar. Jabatan tersebut termasuk kategori Jabatan Fungsional atau Jabatan Pelaksana.

Kemudian BKN menjelaskan lebih lanjut tekait materi SKB yang diujikan melalui akun Instagramnya.

“Materi SKB untuk Jabaan Fungsional disusun oleh instansi pembina Jabatan Fungsional,” tulisnya dalam keterangan unggahan di akun Instagram @bkngoidofficial.

Sementara untuk materi SKB Jabatan Pelaksana yang bersifat teknis, dapat menggunakan soal SKB yang sesuai atau masih satu rumpun dengan Jabatan Fungsional terkait.

Dalam contoh, Jabatan Pengolah Bahan Informasi dan Publikasi, peserta dapat mempelajari materi terkait Pranata Hukum. Selain materi SKB CPNS dengan sistem CAT, adapula materi SKB lainnya yang akan diujikan. Detailnya antara lain:

A. Psikotes

B. Tes potensi akademik

C. Tes kemampuan bahasa asing

D. Tes kesehatan jiwa

e. Tes kesegaran jasmani/tes kesamaptaan

F. Tes praktik kerja

G. Uji peningkatan dari sertifikat kompetensi

H. Wawancara; dan/atau

Saya. Tes lain sesuai persyaratan Jabatan

Sebagai informasi, pelaksanaan SKB di instansi pusat menggunakan sistem CAT yang diselenggarakan oleh BKN. Selain menggunakan sistem tersebut, instansi pusat juga dapat melaksanakan tes SKB tambahan paling sedikit satu jenis/bentuk tes lain. Namun, perlu persetujuan Menteri terlebih dahulu.

Liputan6