Tak Ada Lowongan CPNS 2022 dan Akan Digantikan Robot

 https: img.okezone.com content 2022 01 18 320 2534117 mulai-tergantikan-robot-tak-ada-lowongan-cpns-2022-eBFBvR9Q2s.jpg Penerimaan CPNS (Foto: Okezone) Pemerintah masih akan membuka CASN pada tahun ini. Namun, lowongan ini hanya akan difokuskan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sementara, penerimaan CPNS 2022 berpotensi ditiadakan. Hal ini mengacu kepada kebutuhan ASN sektor kependikakan dan tenaga pelayanan kesehatan.

“Untuk sementara rekrutmen TA 2022 difokuskan pada PPPK terlebih dahulu, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan dasar kependidikan (guru) dan tenaga pelayanan kesehatan,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo.

Dia mengatakan hal tersebut dilakukan karena saat ini pemerintah tengah melakukan transformasi digital menuju Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Sehingga perlu dikaji secara menyeluruh dampaknya kepada kebutuhan ASN di semua instansi Pemerintah.

Apalagi menurutnya jabatan pelaksanaan akan berkurang dengan adanya transformasi digital tersebut.

“Kondisi saat ini lebih dari sepertiga ASN menempati jabatan pelaksana yang diperkirakan 30-40% akan berkurang kebutuhannya seiring dengan progres transformasi digital yang dicanangkan pemerintah,” ungkapnya.Okz