Cara dan Alur Daftar PKN STAN 2022

Menteri Keuangan Sri Mulyani menghadiri wisuda Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN di Auditorium Student, Komplek Kampus PKN STAN Bintaro, Tangerang Selatan.
Menkeu Sri Mulyani bersama wisudawan PKN STAN, bagaimana cara daftar dan alur sekolah kedinasan tersebut? Foto: Hendra Kusuma
Kamu berencana masuk Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN? Jika kamu ingin kuliah gratis di bidang jurusan akuntansi hingga manajemen dengan potensi jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), ada baiknya kamu mulai mengecek cara daftar PKN STAN.

Tahun lalu, pendaftaran PKN STAN dibuka tanggal 9-30 April 2021. Seperti tahun lalu, sekolah kedinasan ini juga mensyaratkan nilai UTBK SBMPTN 2022 dalam seleksi masuk PKN STAN 2022.

"Untuk sekolah kedinasan intinya kalau yang sudah formal tahun lalu dan akan dilanjutkan di 2022 itu adalah kedinasan dari Kementerian Keuangan," kata Direktur Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Budi Prasetyo Widyobroto dalam sosialisasi melalui YouTube LTMPT, Jumat (24/12/2021).

"Dari STAN mensyaratkan harus memiliki nilai UTBK," sambung Budi.

Kendati belum ada pengumuman resmi tanggal pendaftaran PKN STAN 2022, kamu bisa mulai mengecek cara daftar, alur, serta tes yang dilaksanakan di seleksi masuknya. Nah, peserta seleksi masuk PKN STAN tahun lalu harus daftar di portal sscasn.bkn.go.id atau atau di dikdin.bkn.go.id sebelum lanjut pendaftaran di laman seleksi masuk kampus.

Berdasarkan pembukanan seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun lalu, berikut cara daftar PKN STAN.

A. Cara Daftar PKN STAN

1. Buka laman dikdin.bkn.go.id, klik Daftar

2. Selesaikan pembuatan akun di portal

3. Buka laman spmb.pknstan.ac.id

4. Log in dengan NIK dan password yang sudah didaftarkan

5. Isi formulir pendaftaran selain yang diinput di portal Dikdin BKN

6. Khusus pendaftar lulusan tahun ini, masukkan nilai semester dan rata-rata nilai rapor per semester tanpa pembulatan, minimal 70 dari 100

7. Isikan jumlah semester sesuai masa pendidikan dikurangi satu semester akhir yang masih berjalan, contoh SMA 3 tahun 6 semester, maka isikan 5 semester.

8. Pilih lokasi seleksi lanjutan

9. Pilih prodi di kolom Pilihan Spesialiasi, maksimal tiga prodi dengan urutan sesuai prioritas

10. Cek data kembali, jika sudah dikunci maka data tidak dapat diubah

11. Simpan yang sudah dicek, dengan klik checkbox, Simpan, dan Berikutnya

12. Kunci data pendaftaran yang sudah lengkap dan benar dengan klik Kunci Data

13. Pendaftaran selesai

Alur Pendaftaran PKN STAN

1. Pendaftaran sekolah kedinasan di Portal SSCASN

2. Akses portal SPMB PKN STAN

3. Pengisian nilai rapor per semester bagi lulusan tahun ini

4. Pemilihan lokasi seleksi lanjutan

5. Pemilihan program studi

6. Penyimpanan dan Kunci Data

7. Pembayaran

Setelah peserta sukses mendaftar SPMB PKN STAN, panitia akan lanjut seleksi administrasi termasuk dengan nilai tes potensi skolastik (TPS) UTBK SBMPTN tahun berjalan. Peserta yang lolos seleksi administrasi bisa lanjut ke pembayaran dan cetak Kartu Peserta Ujian.

Selanjutnya, ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan sekitar bulan Mei-Juni. Seleksi lanjutan lalu digelar di PKN STAN dan masing-masing sekolah kedinasan lainnya dengan jadwal dan format ujian sesuai situasi pandemi COVID-19.

Sebagai informasi, portal SSCASN dan Dikdik BKN juga dibuka untuk pendaftaran sekolah kedinasan yang menggunakan tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Beberapa di antaranya yaitu Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG), Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Politeknik Transportasi Darat Indonesia- Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI STTD), dan Politeknik Siber dan Sandi Negara (SSN).

Semangat daftar PKN STAN 2022,

(twu/row) detik