3 Sekolah Kedinasan di Yogyakarta

Infografis sekolah kedinasan 2021
Ilustrasi sekolah kedinasan. Sejumlah sekolah kedinasan juga ada yang berdiri di Yogyakarta, apa saja? (Infografis detik/Fuad Hasim)
Sekolah kedinasan menjadi pilihan siswa selain perguruan tinggi negeri atau swasta yang ada di Indonesia. Sekolah ini merupakan lembaga pendidikan tinggi yang bersifat mengikat dengan pemerintahan maupun kementerian di Indonesia.

Sebab itulah, taruna atau mahasiswa yang diterimanya berkesempatan diangkat sebagai calon aparatur sipil negara atau CPNS. Sejumlah sekolah kedinasan juga menyediakan fasilitas asrama hingga pembebasan biaya kuliah.

Sekolah tinggi yang bersifat kedinasan ini tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya di Yogyakarta. Nah, menjelang pembukaan pendaftaran pada 9 April 2022 mendatang, yuk cek dulu pilihan sekolah kedinasan di Yogyakarta berikut.

3 Sekolah Kedinasan di Yogyakarta

1. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP)

Terlihat dari namanya, sekolah kedinasan STPP merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang dibawahi oleh Kementerian Pertanian dan Unit Pelaksana Teknis Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian.

Kampus ini hanya membuka dua jurusan yang tersebar di dua lokasi. Salah satunya di Jl. Kusumanegara No 2, Umbulharjo, Yogyakarta. Untuk kampus STPP di Yogyakarta, jurusan yang dibuka terkonsentrasi pada jurusan pertanian.

Jurusan pertanian di STPP Yogyakarta kemudian dibagi lagi ke dalam tiga prodi pilihan yakni, prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Agribisnis Hortikultura, dan Teknologi Benih.

2. Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir)

Di bawah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Poltek Nuklir adalah sekolah kedinasan yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan peningkatan SDM Indonesia di bidang teknologi nuklir. Hingga pada 30 Oktober 2021, sekolah kedinasan ini bernama STTN (Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir di bawah BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional).

Per data laporan tahun Ganjil 2021 melalui PDDIKTI Kemendikbud, ada tiga program studi jenjang D4 yang dibuka oleh sekolah kedinasan ini. Ketiganya adalah prodi Elektro Mekanika, Eletronika Instrumentasi, dan Teknokimia Nuklir.

Sekolah kedinasan yang berlokasi di Jalan Babarsari, Sleman, Yogyakarta ini membebaskan biaya masuk dan UKT bagi mahasiswanya hingga menyediakan asrama bagi mahasiswa tahun pertama dan kedua.

3. AAU (Akademi Angkatan Udara)

AAU merupakan sekolah pernerbangan yang juga berlokasi di Jalan Raya Solo-Yogyakarta, Sleman, Yogyakarta. Sekolah ini berdiri sejak adanya Lembaga Pendidikan Pertama Perwira TNI AU di Maguwo pada 1945.

Menurut data PDDIKTI, AAU membuka tiga program studi untuk keseluruhan jenjang D4. Keempat program studi tersebut adalah Teknik Aeronautika Pertahanan, Teknik Elektronika Pertahanan, dan Teknik Manajemen Industri Pertahanan.

Per 2013, seluruh lulusan AAU memiliki gelar kesarjanaan yang penyebutannya menjadi sarjana terapan pertahanan dengan pangkat S.TR. (Han). Lulusannya juga diarahkan untuk mengabdi di Tentara Nasional Indonesia (TNI) AU.

Jadi, ada sekolah kedinasan di Yogyakarta yang menjadi pilihanmu? (rah/pal)detik