CPNS dan PPPK Guru Diberi Pemahaman Manfaat Program Taspen

CPNS dan PPPK Guru di Sidrap Diberi Pemahaman Manfaat Program Taspen
CPNS dan PPPK guru di Kabupaten Sidrap mengikuti sosialisasi program PT Taspen, Rabu (30/3/2022). Foto: SINDOnews/Andi Mappanyukki

Sejumlah CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di Kabupaten Sidrap mengikuti sosialisasi Program Taspen, Taspen Group dan Layanan Perbankan di Aula Kantor SKPD Sidrap, Rabu (30/3/2022).

Sosialisasi ini diselenggarakan PT Taspen Makassar, dengan menggandeng Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sidrap.

Sosialisasi dibuka Sekretaris Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Andi Faisal Ranggong, dihadiri Branch Manager PT. Taspen Makassar, Suwartono, dan Pimpinan Bank Sulselbar Sidrap, Shin Nuwara.

Kata Andi Faisal, kegiatan sosialisasi ini penting dilakukan agar para CPNS dan PPPK dapat mengetahui program dari PT. Taspen Makassar.

Sementara itu, Branch Manager PT Taspen Makassar, Suwartono menyebutkan program Taspen yang ditujukan untuk CPNS dan PPPK ini.

Untuk CPNS, regulasi mengatur bahwa kepesertaan untuk jaminan hari tua ada empat program. Yaitu, tabungan hari tua, pensiun, program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

Sementara untuk PPPK mendasari PP 49 tahun 2018 Manajemen PPPK negara memberikan jaminan secara otomatis yakni JKK dan JKM.

"Sehingga untuk yang PPPK, kami dari Taspen bekerja sama dengan BKPSDM secara otomatis juga mengikutkan program THT (Tabungan Hari Tua). Jadi THT-nya sama dengan CPNS," terangnya.

Suwartono menambahkan, untuk menyetarakan PPPK dan CPNS, PPPK nantinya dapat mengikuti program tambahan yakni Taspen Save.

"Jadi PPPK nanti bisa memperoleh manfaat setara dengan CPNS. Sementara untuk CPNS nanti dapat meningkatkan jaminan di hari tua nanti dengan mengikutsertakan dalam program Top Up THT. Tentunya ini sangat memberikan potensi manfaat jaminan dihari tua nanti," tambahnya.

Ia berharap, melalui melalui sosialisasi ini para peserta dapat mengetahui lebih jauh dan secara jelas manfaat dari program program yang dikembangkan PT Taspen.

Di kesempatan itu, PT Taspen Persero Makassar melalui Account Officer, Bella Octavia memaparkan materi tentang manfaat Program Taspen. Sementara untuk Program Layanan Perbankan dipaparkan Pimpinan Bank Sulselbar Sidrap, Dhin Nuwara.(agn)Andi Mappanyukki