Cara Fresh Graduate Agar Bisa Daftar PPPK Guru 2022 Serta Solusi Guru Honorer Terdaftar Dapodik

 Ilustrasi Fresh Graduate

Ilustrasi Fresh Graduate /Muhammad Basir-Cyio/Reuters
Bagi yang lulus seleksi PPPK guru 2022 dapat diartikan status honorer dihapus dan diganti dengan guru P3K.

Diketahui bahwa fresh graduate juga memiliki cukup peluang untuk mendaftar dengan memenuhi syarat-syarat tertentu. Ada juga informasi tentang penyelesaian guru honorer terdaftar Dapodik.

Pada artikel ini akan dijelaskan perihal cara terbaik fresh graduate untuk bisa daftar PPPK guru tahun 2022 ini, beserta solusi untuk guru honorer yang tidak terdaftar di Dapodik.

Dari kanal YouTube Calon Guru (Kanjeng Mariyadi Ngawi) pada Minggu, 21 Agustus 2022, tentang fresh graduate agar bisa daftar PPPK 2022 serta solusi guru honorer terdaftar di Dapodik.

Guru honorer yang tidak terdaftar di Dapodik ataupun fresh graduate masih bisa berkesempatan untuk diangkat menjadi ASN di tahun 2022 sampai 2023.

Jika belum terdaftar di dapodik, guru honorer dan fresh graduate dapat ikut pendaftaran di tahun depan.

Banyak peluang untuk menjadi ASN di tahun 2023, misalnya diangkat menjadi CPNS, PPPK guru atau pemimpin sekolah.

Dari Permenpan RB No 2 Tahun 2022 untuk guru honorer yang saat ini tidak terdaftar di Dapodik, memiliki posisi yang sama dengan fresh graduate.

Berikut ini persamaan guru honorer tidak terdaftar di Dapodik dan fresh graduate yaitu:

1. Tidak bisa daftar CPNS 2022 karena tidak ada pendaftaran CPNS.

2. Tidak bisa daftar PPPK guru 2022 karena tidak memenuhi syarat. Diketahui bahwa syarat utama untuk dapat mendaftar PPPK 2022 adalah telah terdaftar aktif Dapodik.

Jadi untuk peserta seleksi ASN PPPK guru 2022 dibagi ke dalam beberapa kategori yaitu kategori prioritas dan juga pelamar umum.

Perlu diketahui bahwa guru sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik lebih dari 3 tahun dan aktif pada saat ini adalah masuk ke dalam pelamar prioritas ke-3 dan dapat mendaftar P3K guru.

Lebih lanjut bagi yang memiliki sertifikat pendidik, baik guru honorer atau fresh graduate tetapi punya Serdik (Sertifikat Pendidik) dapat mendaftar melalui jalur PPG (pendidikan profesi guru).

Hal tersebut diketahui bahwa lulusan PPG termasuk kategori pelamar umum, yang diharuskan ikut seleksi dengan menggunakan sistem komputer assisted atau CAT UNBK.

Dalam hal ini sudah jelas bahwa nasib fresh graduate dan guru honorer untuk mendaftar PPPK 2022 harus terdaftar di Dapodik.

Oleh karena itu sambil menunggu kapan PPPK 2022 di buka, maka perlu untuk fresh graduate dan guru honorer telah memenuhi syarat utama untuk bisa ikut PPPK.***

Editor: Rita Azlina

Sumber: YouTube Calon Guru (Kanjeng Mariyadi Ngawi)